Monday 5 October 2009

MORE THAN BLUE : Saat Kesendirian Dua Individu Menyiksa

Cerita:
Produser radio, K ditinggalkan keluarganya. Sementara itu penulis lirik, Cream kehilangan keluarganya dalam suatu kecelakaan. Keduanya sepakat melanjutkan hidup bersama selayaknya teman dan saudara untuk saling mengisi satu sama lain. Namun K menyimpan rahasia bahwa hidupnya tidak akan panjang karena penyakit kanker yang dideritanya. Berusaha mencarikan Cream jodoh sepadan, K memasangkannya dengan dokter gigi Joo Hwan. Akankah pada akhirnya Cream mampu berdiri dan mencintai salah satu dari dua pria dalam hidupnya tanpa penyesalan apapun?

Gambar:
Kental dengan nuansa drama sehingga gambar-gambar Bergulir cukup lambat dengan flashback adegan khas melodrama Korea.

Act:
Kwan Sang Woo sebagai K
Lee Bo Yeong sebagai Cream
Lee Beom Soo sebagai Joo Hwan

Sutradara:
Bertindak sebagai penulis cerita sekaligus sutradara, film ini adalah debut penyutradaraan bagi Won Tae Yeon yang melejit setelah menjadi penulis cerita Il Mare (2000).

Komentar:
Tipikal melodrama Korea yang terasa fun di awal dan berangsur menyedihkan di bagian akhir walau rasanya tidak cukup menyentuh untuk membuat penonton menangis. Sejujurnya, bagian pertama film ini tidak terlalu menarik untuk diikuti karena sutradara terlalu fokus pada karakter tambahan dalam menceritakan pengenalan karakter utama dimana kedua karakter utama sebetulnya sudah memiliki daya tarik tersendiri. Bagian kedua menjadi lebih berkembang dengan bantuan musik, puisi cinta dan kesedihan seiring peningkatan akting dari Kwan dan Lee dalam mengaduk emosi penonton. Kejutan twist yang diberikan di ending mungkin saja sudah bisa ditebak sebelumnya tapi tetap memberikan warna tersendiri bagi More Than Blue yang terasa puitis di berbagai tingkatan.

Durasi:
105 menit

Overall:
7 out of 10

Movie-meter:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent
No such perfect 9.5 or 10!