Monday 12 October 2009

A SLIT-MOUTHED WOMAN : Arwah Wanita Gila Penculik Anak

Cerita:
Legenda hantu wanita bermulut sobek dan berjubah panjang membawa gunting panjang telah bertahan selama lebih dari 30 tahun. Hingga pada suatu ketika, hantu tersebut muncul kembali dan menculik anak-anak yang ditinggalkan oleh orangtua mereka. Guru baru Yamashita dan guru senior Matsuzaki berusaha mengungkap misteri tersebut dengan menelusuri asal-usul hantu wanita itu sekaligus menyelamatkan murid-murid mereka.

Gambar:
Tidak jauh beda dengan horor Jepang lain, suasana sunyi mencekam indoor diciptakan dengan baik. Ditambah dengan make-up hantu yang cukup menyeramkan.

Act:
Eriko Sato sebagai Yamashita
Haruhiko Kato sebagai Matsuzaki

Sutradara:
Film layar lebar keempat bagi Koji Shiraishi.

Comment:
Sebetulnya bukan sebuah film yang buruk, hanya saja sulit dinikmati karena mengabaikan logika dan intelegensia penonton. Suatu hal yang sangat fatal! Plot awalnya memang menjadikan dan cukup orisinil hanya saja unsur-unsur pendukungnya tidak cukup kuat. Walaupun demikian, elemen horornya tetap membangun terutama saat kemunculan hantu wanita dan kengerian anak-anak yang diculik, jangan lupakan juga beberapa adegan berdarah yang cukup membuat ngilu. Satu hal lagi yang mungkin membuat penonton wanita terganggu adalah seakan-akan tokoh wanita di film ini sangat tidak berperasaan baik manusia maupun hantunya. Setidaknya seorang ibu ataupun guru yang normal akan sekuat tenaga menyelamatkan anak-anak tidak berdosa dari mara bahaya yang mengancam, tapi sayangnya tidak dalam film ini. Ohya, hal klise juga sangat terasa disini yaitu saat kemunculan hantu wanita yang tidak bisa mati tapi berusaha dibunuh berkali-kali teramat sangat tidak penting.

Durasi:
90 menit

Overall:
6 out of 10

Movie-meter:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent
No such perfect 9.5 or 10!