Saturday 17 October 2009

FRIDAY THE 13TH : Mencari Saudari "Korban" Jason Voorhess

Quotes:
Richie-Do you know how many lakes are probably called Crystal Lake? It's like Crystal Geyser, Crystal Water. Go to a supermarket. Every single bottled water is named "Crystal" something.
Wade-Aquafina.

Cerita:
Lima sekawan, Wade, Ritchie, Amanda, Mike dan Whitney sepakat untuk kamping di Crystal Lake tepat 20 tahun setelah hilangnya Jason Voorhees secara misterius. Tak lama kemudian, Wade dan Ritchie menemukan tanaman ganja dan berusaha menjualnya. Malangnya mereka tidak tahu, daerah tersebut merupakan tempat tinggal Jason yang merasa terusik dan menyerang mereka satu-persatu! Enam minggu kemudian, Clay mencari adik perempuannya, Whitney yang menghilang tanpa jejak dengan menyebarkan poster di sekitar Crystal Lake. Bersama tujuh muda-mudi, Trent, Jenna, Lawrence, Chewie, Nolan, Chelsea dan Bree yang menghabiskan akhir pekan di kediaman tua milik Trent, Clay harus sekali lagi berjuang menghentikan Jason yang kembali membabi-buta melakukan pembantaian.

Gambar:
Suasana malam sangat kental disini berpadu dengan sepinya lokasi setting Camp Crystal Lake! Darah dan seks cukup mendominasi scene sepanjang film.

Act:
Menyusul tandemnya dalam Supernatural, Jensen Ackless yang bermain dalam My Bloody Valentine, Jared Padalecki kebagian peran Clay Miller, serupa dengan apa yang pernah dilakukannya dalam The House Of Wax (2005).
Travis Van Winkle sebagai si arogan Trent.
Danielle Panabaker sebagai Jenna.
Amanda Righetti sebagai Whitney Miller.
Pernah mendukung 21 (2008), Aaron Yo sebagai Chewie.
Memegang peran antagonis ternama, Jason Voorhees adalah Derek Mears yang juga pernah bermain dalam The Hills Have Eyes II (2002).

Sutradara:
Marcus Nispel selama ini dikenal sebagai pembesut video klip beberapa artis ternama. Karya penyutradaraan pertamanya adalah The Texas Chainsaw Massacre (2003). Kali ini ia melakukan remake film slasher jaman dulu.

Comment:
Lagi-lagi sebuah remake dari film slasher klasik tahun 1980 dimana berciri khas musik background seperti “ttch ttch ttch” mendampingi kehadiran Jason Voorhees hahaha. Tetapi untungnya hal yang mengganggu tersebut tidak muncul disini. Plot ceritanya hampir sama persis dengan versi asli, hanya settingnya yang berubah menjadi rumah peristirahatan di sekitar Camp Crystal Lake. Gadis-gadis cantik nan seksi juga turut hadir disini dimana bisa diduga kemudian satu persatu berguguran dibantai Jason. Caranya sendiri dapat dikatakan menyenangkan untuk ditonton, masih menyimpan intensitas ketegangan yang cukup tinggi dari awal sampai akhir. Jika dibandingkan proyek remake lain seperti Halloween ataupun Texas Chainsaw Massacre, Friday The 13th yang batal tayang di bioskop Indonesia ini terasa sedikit lemah dalam menteror sisi psikologis penonton. Kekurangannya selain mudah ditebak alurnya, endingnya terasa sangat sangat dipaksakan dan sulit diterima logika. Yah hal itu dikarenakan sekuelnya sudah disiapkan tahun 2010 mendatang. Sah-sah saja bukan?

Durasi:
90 menit

U.S. Box Office:
$64,997,188 till April 2009

Overall:
7 out of 10

Movie-meter:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent
No such perfect 9.5 or 10!