Sunday 25 October 2009

BLACK WATER : Bertahan Hidup Dari Serangan Buaya

Tagline:
What you can't see can hurt you..

Cerita:
Lee bersama kakaknya, Grace yang bersuamikan Adam berlibur bersama ke Australia Utara untuk memancing di rawa Blackwater Barry bersama pemandu dadakan, Jim dengan menggunakan motor boat kecil. Malang tak dapat ditolak saat seekor buaya raksasa membalikkan boat itu dan membuat trio malang itu terapung-apung di daerah yang sama sekali asing bagi mereka. Bertahan hidup di atas sebatang pohon sama sekali bukan situasi yang menguntungkan karena buaya ganas tersebut terus mengintai gerak-gerik mereka.

Gambar:
Bersetting langsung di Northern Australia, suasana film ini sangat konstan dengan kesunyian dan lokasi terasing yang mencekam.

Act:
Tiga aktor-aktris asli Australia yang namanya belum dikenal yaitu
Maeve Dermody sebagai Lee
Diana Glenn sebagai Grace
Andy Rodoreda sebagai Adam


Sutradara:
Kolaborasi penyutradaraan layar lebar perdana bagi Andrew Traucki dan David Nerlich.

Comment:
Masih ingat dengan film semi dokumenter berjudul Open Water yang cukup dibicarakan beberapa tahun lalu? Jika itu bercerita tentang hiu di perairan terbuka, film ini berkisah tentang buaya. Tokohnya hanya 3 orang sepanjang film sehingga dibutuhkan penjiwaan dan penyajian konflik yang lugas sekaligus konsisten. Black Water yang juga diilhami dari kejadian nyata boleh dibilang berhasil dalam elemen-elemen yang telah saya sebutkan di atas. Glenn, Dermody dan Rodoreda sukses menjaga empati penonton terhadap nasib mereka karena menciptakan chemistry yang pas di antaranya. Spesial efek buaya memang tidak terlihat terlalu nyata tetapi cukup menakutkan sebagai momok pemangsa. Secara keseluruhan, film yang lumayan terjaga tensinya sepanjang film walau mungkin membosankan bagi sebagian orang.

Durasi:
90 menit

Australia Box Office:
AUD 111,189 till June 2008

Overall:
7 out of 10

Movie-meter:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent
No such perfect 9.5 or 10!