Thursday 22 October 2009

DISTRICT 13 ULTIMATUM : Duet Maut Polisi Hentikan Pengeboman Massal

Storyline:
Setelah menuntaskan misi melawan raja narkoba, Kapten Damien Tomaso kembali ke rumah dan menghabiskan waktu bersama istri tercinta. Ketenangan tiba-tiba terusik saat gerombolan polisi mendobrak masuk dan menemukan 3 kg heroin di dapur sehingga Damien ditangkap. Sementara itu sekelompok remaja yang dikepalai Roland membuat film mengenai agen-agen kotor dari agensi keaman yang mengeksekusi polisi di mobil mereka dan meninggalkan mobil dengan mayat tersebut di Distrik 13 untuk mengambinghitamkan dan memulai perang sipil. Di balik kejadian ini, kepala keamanan Walter Gassman menerima imbalan besar dari konstruktor Harriburton yang tertarik untuk mendirikan bangunan di wilayah miskin dan memaksa Presiden Perancis untuk membom atom lima menara di dalam distrik itu. Akankah Belle yang membantu pembebasan Damien dapat menggagalkan rencana busuk itu?

Nice-to-know:
Syutingnya berlangsung selama 14 minggu dan sempat terjadi kericuhan saat Luc Besson diboikot media Perancis.

Cast:
Pernah mendukung Taxi 2 (2000), Cyril Raffaelli bermain sebagai Kapten Damien Tomaso yang difitnah.
David Belle sebagai Leïto
Philippe Torreton sebagai Presiden
Daniel Duval sebagai Walter Gassman
Elodie Yung sebagai Tao

Director:
Sejauh ini merupakan film kelima Patrick Alessandrin setelah karya terakhirnya, Mean Spirit (2003).

Comment:
Prekuelnya District 13 (2004) nampaknya cukup bergaung di Eropa sana dan sayangnya tidak beredar di Indonesia sehingga saya tidak memiliki referensi apapun dalam menyaksikan film ini ataupun mengetahui apa yang terjadi sebelumnya. Namun tergambar dari opening film ini, plotnya bisa dikatakan sangat sederhana dan hanya mengandalkan sekuens action yang dominan sepanjang film. Adegan demi adegan bergulir cepat yang sebagian besar diambil dengan kamera tangan, tidak heran jika gambarnya kerap bergoyang-goyang mengikuti pergerakan karakter utama. Terkadang cukup mengganggu walau berdampak real di beberapa bagian terutama saat Belle meloncat dari satu gedung ke gedung yang lain.
Dari segi cast, dynamic duo Raffaelli dan Belle saling bekerjasama yang baik tetapi sayangnya tidak banyak sekuens yang memperlihatkan itu. Keragaman karakter terutama dari geng anak muda yang membantu di akhir sedikit out of nowhere karena jika tidak ada juga tidak akan dipermasalahkan sebetulnya.
District 13 : Ultimatum hanyalah satu dari sekian non-stop action movie keluaran Eropa dan Perancis secara spesifik. Entah mengapa saya tidak menyukai gagasan endingnya yang terkesan tidak serius dan sangat dipermudah. Namun demikian koreografi dan fighting scenenya cukup menjanjikan dan dijamin memuaskan anda yang menyukai genre ini.

Durasi:
90 menit

U.S. Box Office:
$36,039 (USA) till end of March 2010

Overall:
7 out of 10

Movie-meter:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent