Wednesday 14 October 2009

CLOUDY WITH A CHANCE OFMEATBALLS : Penemu Jenius Hujan Makanan

Tagline:
Tim Lockwood-Son, not every sardine was meant to swim.
Young Flint-I don't understand fishing metaphors, dad!

Storyline:
Ketika penemuan terbarunya tanpa sengaja menghancurkan acara pembukaan tempat hiburan kota dan meluncur ke awan, Flint Lockwood berpikir bahwa karirnya telah usai. Kemudian sesuatu terjadi, burger keju mulai turun dari langit. Mesinnya bekerja! Namun ketika mesin tersebut mulai bekerja secara berlebihan, maka semuanya tergantung pada Flint dan Sam Sparks si peramal cuaca untuk mencari cara menghentikan kekacauan ini.

Nice-to-know:
Pertama kali film Columbia Pictures/Sony Pictures Animation memiliki sekuens logo yang berbeda. Saat logo Columbia Pictures muncul, sebuah pisang menerjang wanita obor dan menggantikan imejnya. Sedangkan pada logo Sony Pictures Animation, awan gelap membuka akhir dari logo tersebut.

Voice:
Bill Hader sebagai Flint Lockwood
Anna Faris sebagai Sam Sparks
James Caan sebagai Tim Lockwood
Andy Samberg sebagai Baby Brent
Bruce Campbell sebagai Walikota Shelbourne

Director:
Merupakan debut animasi sekaligus layar lebar pertama bagi Phil Lord dan Chris Miller yang sebelumnya berkolaborasi dalam 13 episode serial televisi remaja, Clone High.

Comment:
Terinspirasi dari buku anak-anak berjudul sama karya Ron dan Jud Barrett yang meskipun tidak pernah saya dengar tetapi kabarnya animasi ini diterjemahkan dengan seimbang dari apa yang tersaji lewat tulisan. Gaya berceritanya mungkin tidak sebaik animasi PIXAR. Nyatanya plot yang dihadirkan termasuk original dan mengalir dengan lancar. Dialog-dialognya pendek dan simpel tetapi mengenai sasaran. Karakter Flint yang cerdas ceroboh pesimistis dan Sam yang kutu buku mandiri tidak percaya diri divisualisasikan dengan pas, dan keduanya menciptakan chemistry yang menarik terutama di dalam "rumah" Jell-O. Hampir semua lelucon yang dihadirkan juga terkesan wajar dan pintar sehingga mampu membuat penonton tertawa lepas. Pesan moralnya juga tersampaikan dengan baik. Jika anda menyaksikannya dalam format 3D, benda-benda lezat tersebut akan mengambang dengan menggiurkan. Membuat lapar? Bisa jadi. Yang pasti siapkan selera makan anda untuk dilayani lewat Cloudy With A Chance Of Meatballs yang dapat dinikmati anak-anak maupun orang dewasa ini. Dijamin anda akan melihat hal-hal yang belum pernah ada dalam sebuah animasi yang diputar di gedung bioskop!

Durasi:
90 menit

U.S. Box Office:
$124,870,275 till end of Jan 2010

Overall:
8 out of 10

Movie-meter:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent
No such perfect 9.5 or 10!