Monday 7 March 2011

THE TRAVELER : Pengakuan Pembunuhan Pria Misterius

Tagline:
How do you catch a killer you've already caught?

Storyline:
Pada malam Natal di sebuah kota kecil, seorang pria asing berjalan masuk ke penjara dan berkata pada Petugas Jaga, Gulloy bahwa ia telah membunuh 6 orang. Detektif Alexander Black kemudian dipanggil dan menahan pria yang menyebut dirinya Mr. Nobody itu ke dalam tahanan. Sayangnya hanya sedikit informasi yang bisa dikorek hingga Deputy Jerry Pine, Deputy Jane Hollow, Deputy Toby Sherwood dan Deputy Jack Hawkins merasa penasaran setengah mati terlebih tidak ada sidik jari yang bisa diambil dari Mr. Nobody. Malam semakin larut, satu persatu dari mereka menemui ajalnya lewat serangkaian pengakuan dari Mr. Nobody. Siapa sesungguhnya lelaki misterius itu?

Nice-to-know:
Diproduksi oleh Voltage Pictures dan di Amerika Serikat peredarannya dilakukan oleh Paramount Pictures.

Cast:

Kemunculan pertama Val Kilmer dalam film Top Secret! (1984) di usia 25 tahun. Kali ini ia bermain tanpa nama sebagai Mr. Nobody / Drifter yang misterius dan menakutkan itu.

Dylan Neal
sebagai Detective Alexander Black

Paul McGillion
sebagai Deputy Jerry Pine

Camille Sullivan
sebagai Deputy Jane Hollows

Nels Lennarson
sebagai Deputy Toby Sherwood

Chris Gauthier
sebagai Desk Sargeant Gulloy

John Cassini sebagai Deputy Jack Hawkins

Director:
Pria kelahiran Afrika Selatan bernama Michael Oblowitz ini menggarap film ke-12 nya meski sebelumnya lebih banyak dalam format video, film pendek ataupun dokumenter.


Comment:

Menyaksikan trailer film ini rasanya anda sudah bisa menebak isi secara keseluruhan. Namun sebagai penggemar thriller, saya tetap menyempatkan diri menontonnya walau harus berakhir dengan kekecewaan. Semua link disini terasa lemah sehingga di sepanjang durasinya terseok-seok berusaha meyakinkan audiens untuk tetap pada kursinya masing-masing.
Kilmer tidak dikatakan berakting buruk tetapi ruang penjiwaannya seperti tidak ada. Kemunculannya di awal cerita sebetulnya cukup menjanjikan yaitu kedatangan sosok misterius nan menyeramkan di tengah setting penjara sepi yang gelap nan suram. Namun seiring menit berjalan, tokoh Mr. Nobody seperti bernarasi sambil tidur sehingga tidak mengejutkan jika penonton mengantuk juga. Di luar Kilmer, karakter-karakter lain nyaris tidak ada pengembangan berarti dan satu persatu hanya menunggu ajalnya menjemput masing-masing termasuk Neal yang harusnya bisa menjadi lawan seimbang sebagai Detektif Alexander Black. Sutradara Oblowitz disini berusaha menyuguhkan konsep hantu yang dapat membunuh. Jika anda merasa tidak masuk akal, maka silakan kembali ke statement awal yang menyatakan bahwa ini perbuatan hantu. Sah kan? Berbagai adegan sadis juga ditampilkan tapi tidak ada yang baru samasekali. Semua dalam nuansa old-fashioned yang mengandalkan suara dan lighting saja. The Traveler terasa kosong dan miskin sebagai sebuah thriller. Terlalu sedikit elemen yang dimilikinya membuat film ini tidak layak menjadi sebuah film panjang. Selayaknya sebuah episode serial Twilight Zone sepanjang tiga perempat jam rasanya sudah cukup. Di luar itu, rasanya masih banyak film lain yang dapat menyita waktu anda

Durasi:
90 menit


Overall:
6 out of 10

Movie-meter: