Saturday 19 March 2011

GNOMEO & JULIET : Perkelahian Membutakan Cinta Penghuni Kebun

Tagline:
A little adventure goes a lawn way.

Storyline:
Montague dan Capulet bukan lagi dua keluarga yang berseteru melainkan dua tetangga yang tidak cocok satu sama lain. Hal ini terjadi juga pada para penghuni kebun mereka yang terbagi menjadi topi merah yang dikepalai Lord Redbrick dan topi biru yang diketuai oleh Lady Blueberry. Masing-masing berusaha mempertahankan areanya dan menghancurkan area lawan. Hingga pada suatu malam saat mengincar anggrek bulan, Gnomeo si topi biru tanpa sengaja bertemu dengan Juliet si topi merah. Dikarenakan masing-masing sedang dalam penyamaran, keduanya pun jatuh cinta. Akankah romansa terlarang tersebut pada akhirnya dapat berakhir bahagia?

Nice-to-know:
Awalnya Ewan McGregor dan Kate Winslet akan menyuarakan Gnomeo & Juliet pada saat produksi film diumumkan.

Voice:
James McAvoy sebagai Gnomeo
Emily Blunt sebagai Juliet
Ashley Jensen sebagai Nanette
Michael Caine sebagai Lord Redbrick
Matt Lucas sebagai Benny
Maggie Smith sebagai Lady Bluebury
Jason Statham sebagai Tybalt
Patrick Stewart sebagai Bill Shakespeare
Julie Walters sebagai Miss Montague

Director:
Sebelumnya Kelly Asbury merupakan salah satu dari tiga yang menyutradarai Shrek 2 (2004).

Comment:
Siapa yang tidak mengenal adaptasi Shakespeare ini yang kemudian coba ditularkan pada generasi yang lebih muda. Ya film ini memang terasa sekali ditujukan pada anak-anak sebelum mereka mengenal percintaan tragis yang sesungguhnya. Segala sesuatu pada plot ceritanya memang dipermudah dan diperhalus sedemikian rupa sehingga tak jarang kita akan menganggap semua karakter disini adalah mainan. Mengingatkan anda pada premis Toy Story? Benar sekali!
Pengenalan satu persatu karakternya dilakukan secara singkat dan cepat. Oleh karena begitu banyaknya cameo, maka kekuatan masing-masing karakter terasa lemah. Belum lagi ekspresi tokoh-tokoh tergolong kaku yang seharusnya memberikan kontribusi pada sisi emosional yang lebih kentara. Dengan demikian sulit rasanya penonton untuk ,ai bersikap peduli pada mereka termasuk pada Gnomeo dan Juliet itu sendiri.
Sulih suara yang dilakukan oleh aktor-aktris ternama juga tidak berjalan dengan maksimal. McAvoy dan Blunt merupakan aktor-aktris berbakat tapi tanpa melihat wajah mereka rasanya suara dapat diganti siapapun juga. Sederet nama kaliber semisal Caine ataupun Walters tidak memorable samasekali. Semakin menyiratkan kesalahan dalam casting atau memang skrip yang tidak memberikan ruang tersebut?
Sutradara Asbury memang sudah berusaha melakukan usaha terbaiknya untuk mengangkat tema yang biasa-biasa saja menjadi tontonan yang tetap fresh dan berisi. Saya katakan ia berhasil karena di tangan orang lain, bisa jadi hasil akhirnya akan lebih buruk lagi. Ide untuk menggunakan beberapa tembang lawas Elton John sebagai latar belakang musik memang cukup kreatif meskipun tidak berarti banyak selain sebagai pengiring tarian para tokohnya terutama pada bagian ending.
Gnomeo & Juliet menarik untuk penonton muda tapi bagi orang dewasa terasa flat dan sedikit membosankan. Scene demi scene disajikan dalam tempo lambat dan tidak melulu didukung oleh logika yang pantas. Animasinya tidak luar biasa walaupun Disney sudah merombaknya sedemikian rupa supaya berciri khas langsung dengan imajinasi William Shakespeare yang kebetulan karakternya juga muncul disini. Penggunaan efek 3D nya tidak terlalu signifikan sehingga versi 2D nya sudah lebih dari cukup untuk anda saksikan bersama anak-anak atau adik-adik anda.

Durasi:
75 menit

U.S. Box Office:
$89,102,365 till March 2011

Overall:

7 out of 10

Movie-meter: