Sunday 20 March 2011

AFRICA UNITED : Perjalanan Penuh Warna Menuju World Cup

Tagline:
Anything is possible.

Storyline:
Dudu, Fabrice dan Beatrice memiliki mimpi yang sama yaitu menyaksikan pertandingan sepakbola dalam ajang Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. Berbekal modal seadanya, mereka menempuh jarak 7 negara sepanjang 3000 mil dengan berjalan kaki. Dalam perjalanan, ketiganya menemui hal-hal baru, kadang baik, kadang buruk yang mungkin mengubah perspektif masing-masing akan kehidupan itu sendiri. Mimpi memang tak mudah diraih, tapi apakah lantas menyerah sebelum mencoba meraihnya?

Nice-to-know:
Merupakan kolaborasi Pathe Productions, Footprint Films, Link Media Production, Out of Africa Entertainment dan BBC Films.

Cast:

Eriya Ndayambaje sebagai Dudu
Roger Nsengiyumva sebagai Fabrice
Sanyu Joanita Kintu sebagai Beatrice
Yves Dusenge sebagai Foreman George
Sherrie Silver sebagai Celeste
Emmanuel Jal sebagai Tulu

Director:
Debs Gardner-Paterson pernah memenangkan Honorable Mention lewat We Are All Rwandans (2008) dalam ajang Los Angeles Pan African Film Festival.

Comment:
Gegap gempita Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan yang lalu memang telah usai. Ternyata ada sebuah film dari Rwanda yang mengambil event tersebut sebagai latar belakangnya. Dikonsep sebagai road movie dimana tokoh utamanya adalah sekumpulan bocah dan anak-anak asli sana.
Sutradara wanita Gardner-Paterson juga memberikan nuansa kekeluargaan yang kental dengan semangat sekaligus rasa humor yang penuh warna. Pengalamannya menggarap berbagai film pendek sebelumnya turut andil memberikan gaya yang berbeda. Sepintas kita merasa film ini adalah kumpulan klip yang disatukan tetapi dengan editing yang teramat rapi dan jangkauan sinematografi yang cukup luas.
Kelima aktor anak-anak yang bermain disini masing-masing memiliki hubungan yang berbeda-beda. Namun kesemuanya tampil natural dimana mereka berakting dengan hati sehingga proses pendewasaan yang terangkai lewat petualangan berhasil disajikan dengan maksimal. Nilai-nilai persahabatan tidak lupa disisipkan terutama saat mengatasi berbagai macam masalah yang menghadang.
Africa United secara tidak langsung akan menginspirasi kaum muda dimanapun juga untuk tetap melakukan hal yang luar biasa di tempat yang paling biasa sekalipun. Beberapa isu penting seperti larangan seks bebas, penyebaran AIDS ataupun terorisme terhadap anak turut dihadirkan tanpa terkesan menggurui. Keseluruhan durasinya bisa jadi terasa lambat, beruntung beberapa hit yang mengisi soundtrack nya mampu mempertahankan energi film.

Durasi:
85 menit

U.K. Box Office:
£105,151 till Oct 2010

Overall:
7 out of 10

Movie-meter: