Sunday 6 March 2011

THE TOURNAMENT : Kejuaraan Maut Pembunuh Tangguh Sedunia

Tagline:
Every Seven Years The World's Greatest Assassins Gather ... Only One Will Survive.

Storyline:
Tujuh tahun lalu, Joshua Harlow menjuarai turnamen antar pembunuh dengan hadiah uang besar. Kini ia dipaksa turut serta kembali paska kematian istrinya yang misterius demi membalas dendam pada salah satu dari 30 peserta di seluruh dunia. Adapun Pastor MacAvoy yang secara sial harus ikut berpartisipasi karena suatu sebab. Beruntung pembunuh wanita cekatan, Lai Lai Zhen terus mendampinginya. Perburuan pun dimulai. Siapa yang selamat pada akhirnya?

Nice-to-know:
Reuni kedua bagi Ian Somerhalder dan Kelly Hu setelah The Vampire Diaries (2009).

Cast:
Tampil sebagai Pastor MacAvoy di sela-sela syuting serial televisi Stargate Universe adalah Robert Carlyle.
Mantan Miss Teen USA, Kelly Hu bermain sebagai Lai Lai Zhen.
Ian Somerhalder sebagai Miles Slade
Liam Cunningham sebagai Powers
Ving Rhames sebagai Joshua Harlow

Director:
Scott Mann terakhir menggarap sebuah film pendek berjudul Tug of War (2006).

Comment:
Sepintas tidak ada yang berbeda dengan premis film ini dengan yang sudah-sudah, mulai dari jenis video game seperti Tekken atau action kontemporer semacam Death Race. Ternyata masih ada hal-hal baru yaitu tokoh utama yang “unik” beserta twist yang coba dihadirkan pada endingnya. Ini adalah buah tangan tiga penulisnya masing-masing Gary Young, Jonathan Frank dan Nick Rowntree.
Sutradara Mann yang namanya belum dikenal memang tergolong lemah dalam pengeksekusian karena minimnya pengalaman. Ia tidak membangun karakterisasi dengan maksimal sehingga menjadi nilai minus yang paling kentara disini. Coba lihat dialog-dialognya yang terkesan cheesy. Belum lagi potret para pembunuh dari seluruh dunia yang ditampilkan ala kadarnya tanpa penokohan yang jelas sehingga tidak membangkitkan kepedulian penonton akan nasib masing-masing.
Kekurangan itu juga terbawa pada akting para cast nya. Di awal sepertinya Rhames akan menjadi pemeran utama tapi nyatanya sebaliknya. Kelly sebagai heroine masih tidak terlalu meyakinkan walau ia bertarung dengan sungguh-sungguh. Sedangkan bakat Carlyle terasa sia-sia saat harus bersembunyi lugu di balik jubah pastor. Somerhalder dan Cunningham sebetulnya bisa mencuri perhatian tapi tidak mendapat ruang yang cukup. Semua aktor-aktris tersebut bermain datar-datar saja.
The Tournament tidak lebih dari sekadar pemuas dahaga bagi para pecinta film action. Plot yang simpel dengan lubang dimana-mana rasanya tidak akan penting lagi mengingat suguhan sekuens aksi yang lengkap sudah disajikan. Nikmati saja adegan satu lawan satu ataupun banyak sampai perburuan mobil di jalan raya yang padat itu. Tidak ketinggalan juga dominasi adegan sadis dengan kucuran darah segar yang cukup memuakkan itu. Awas jangan sampai tersedak popcorn di tangan anda!

Durasi:
95 menit

Overall:
6.5 out of 10

Movie-meter: