Friday 9 July 2010

THE UNBELIEVABLE : Perjalanan Dokumentasi Fenomena Paranormal

Storyline:
Didasarkan pada siaran televisi popular Hongkong, The Unbelievable yang mengisahkan beberapa fenomena paranormal/supernatural yang terjadi di berbagai belahan dunia. Guru feng shui Master Szeto dan reporter cantik Rachel Chan beserta segenap kru melakukan perjalanan ke pedalaman Asia Tenggara termasuk Malaysia dan Thailand untuk menemukan hal-hal yang tak pernah terbayangkan sebelumnya. Bagaimana mereka dapat bekerja di tengah kekuatan atau suasana baru yang masih sangat asing itu?

Nice-to-know:
Diproduksi oleh Win’s Entertainment Ltd.

Cast:
Szeto Fat Ching
Rachel Chan
Chan Tat Nin
Kar Lok Chin
Lau Yung Hung
Law Chi Leung
Ping Ha
Tang Yan
Chen Kuan Tai

Director:
Wong Tak Bun.

Comment:
Mungkin bagi anda para penikmat acara jelajah di televisi baik makanan maupun supernatural bisa jadi jatuh cinta dengan film ini. Asalkan anda tidak bosan alias dengan mudah menduga apa saja yang akan tampil di layar. Sebaliknya bagi anda yang tidak pernah menyaksikan acara sejenis, rasanya akan tersentak kaget.
Nyaris tidak ada plot cerita, anggaplah ini sebuah documentary trip movie. Kasus demi kasus baru akan ditemui tim kru The Unbelieveable mulai dari kerasukan setan, ilmu hitam, praktek sihir, pengusiran setan, rumah berhantu, papan Ouija, pelepasan arwah dsb. Semua itu dijamin akan membuat anda takut ataupun jijik menyaksikan adegan eksekusi binatang dengan ekstrim plus berbagai ritual nudis dengan eksplisit. Terkadang cukup mengganggu memang apalagi jika menyebabkan anda muntah. Who knows?
Sutradara Wong Tak Bun menggunakan bahasa Konghu walau bersetting di Asia Tenggara. Ia dengan terampil memainkan pergerakan kamera senyata mungkin seakan penonton diajak langsung berada di belakang para kru tersebut. Permainan cahaya dan juga night mode bernuansakan hijau cukup mencekam untuk scene yang melibatkan arwah. Jajaran castnya juga berhasil diarahkan untuk serileks dan sewajar mungkin selama syuting berlangsung.
Pada akhirnya The Unbelievable akan membawa pengalaman baru bagi anda. But my suggest is “Don’t take it too seriously. Just watch and conclude in the end!”

Durasi:
75 menit

Overall:
7 out of 10

Movie-meter:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent