Tuesday 20 July 2010

FAST TRACK : Perseteruan Pecundang Dengan Mantan Kekasih Istri

Tagline:
Credit-grabbing, back-stabbing, wife-nabbing. Just another day at the office.

Storyline:
Pasangan suami istri kota Manhattan, Sofia yang bekerja sebagai pengacara dan Tom yang berkarir sebagai koki mengalami masalah setelah kelahiran putra pertama mereka, Oliver. Sofia yang memutuskan menjadi ibu rumah tangga saja harus mendapati kenyataan suaminya dipecat karena berselisih dengan bosnya. Tom terpaksa setuju untuk bersama-sama pulang ke kampung halaman Sofia di Ohio dan bekerja di agensi periklanan atas bantuan mertuanya. Di sana, Tom bertemu Chip, sang direktur lumpuh yang juga mantan kekasih SMU istrinya. Persaingan tidak sehat pun mulai timbul di antara keduanya. Berhasilkah Tom keluar dari kesulitannya?

Nice-to-know:
Peran pertama Charles Grodin setelah 13 tahun sebagai Bob Kowalski yang dipasangkan dengan Mia Farrow sebagai Amelia Kowalski yang terkenal sebagai aktris film-film horor lawas.

Cast:
Sebelum ini tampil tanpa tercantum namanya di credit title The Pursuit Of Happyness, Zach Braff sebagai Tom Reilly yang berjuang mempertahankan integritas dirinya di mata keluarganya.
Pernah memenangkan gelar Young Hollywood Award tahun 2000, Amanda Peet sebagai Sofia Kowalski yang kesulitan membesarkan bayi lelakinya sendirian selepas mengubur karirnya sebagai pengacara.
Karirnya diawali sejak dini dalam serial televisi Little House on the Prairie, Jason Bateman sebagai Chip Sanders yang culas luar biasa.

Director:
Jesse Peretz menulis dan menyutradarai sekaligus film pertamanya First Love, Last Rites (1997).

Comment:
Publik di luar Amerika mungkin tidak terlalu mengenal nama Braff dan Bateman selain Peet. Namun disini Braff dan Bateman dipasangkan sebagai dua karakter komedikal yang saling berseberangan. Pada beberapa scene, persaingan kotor mereka bisa jadi mengocok perut tetapi masih terasa tanggung. Bateman yang menyebalkan lebih mirip badut bermake-up buruk sedangkan keluguan/ketololan Braff juga masih terlalu dangkal untuk menarik simpati penonton akan nasib malangnya. Peet sendiri tidak banyak mendapatkan kesempatan yang tepat untuk menebalkan peranannya disini. Rasanya kesalahan awal patut dialamatkan pada penulis cerita yang kesulitan mengembangkan plot yang cerdas dengan humor yang dalam, diperparah lagi dengan sutradaranya yang terlihat masih minim pengalaman dalam mengarahkan karakterisasi tokohnya yang terasa satu arah tanpa saling berbagi chemistry. Fast Track yang beredar di Amrik sana dengan judul The Ex hanya "terlihat" solid di awal film tapi menukik tajam di pertengahan sampai ditutup dengan "gampang" di segala konflik yang sudah terbangun. Sebuah komedi ringan yang hanya pantas mengisi waktu luang anda di rumah selagi tiada aktifitas berarti.

Durasi:
80 menit

U.S. Box Office:
$3,091,922 till early July 2007.

Overall:
6.5 out of 10

Movie-meter:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent