Monday 26 July 2010

FRAGILE : Evakuasi Rumah Sakit Anak Terbengkalai

Storyline:
Nyaris 100 tahun didirikan, RS Anak-anak Mercy Falls akhirnya ditutup. Sepertinya otoritas lokal mendeteksi ada yang tidak beres pada struktur bangunannya. Sepanjang tiga minggu berikutnya, seluruh pasien akan dipindahkan ke RS London tetapi proses tersebut ternyata memakan waktu yang lebih lama. Sebuah badai telah menghambat helikopter yang bertanggungjawab untuk mengangkut 8 anak-anak tersisa. Dan kemudian mulai terjadi peristiwa-peristiwa aneh tepat pada saat suster baru, Amy bertugas malam.

Nice-to-know:
Memenangkan Barcelona Film Awards 2006 pada kategori Best Cinematography dan Best Film Editing.

Cast:
Angkat nama lewat pentolan serial televisi beken Ally McBeal (1997-2002), Calista Flockhart bermain sebagai Amy Nicholls, suster malam yang berusaha memecahkan misteri yang terjadi di RS anak-anak yang terbengkalai itu.
Aktor asal Australia yang pernah bermain dalam M:I-2 (2002), Richard Roxburgh berperan sebagai Robert Marcus.
Elena Anaya sebagai Helen Perez.

Director:
Jaume Balagueró sebelum ini juga menggarap horor Darkness (2002) yang memasang nama Anna Paquin.

Comment:
Nuansa Eropa terpancar kuat disini melalui setting rumah sakit tua yang terbengkalai. Hal tersebut bisa jadi sudah merupakan momok menakutkan bagi anda mulai dari lantai dua yang ditutup tanpa sebab, lift yang ringkih, bangsal yang sepi, lampu yang minim. Belum ditambah musik latar yang naik turun mengiringi emosi film dan tata rias yang detail di setiap sudut sekalipun. Itulah kelebihan sutradara Balagueró yang sepertinya dilahirkan untuk menangani genre horor. Tone penceritaan tercipta dengan baik secara konstan dari awal sampai akhir tanpa lompatan yang berlebihan sehingga audiens diajak merunutnya secara detail. Flockhart di luar dugaan mampu berakting dengan penjiwaan yang baik begitupun dengan semua aktor-aktris cilik yang bermain disini termasuk Yasmin Murphy yang melakoni Maggie dengan sangat natural. Anaya seperti biasa menampilkan karakter yang kuat sesuai jam terbangnya disertai Roxburgh yang berakting sedikit berbeda dari apa yang biasa dilakukannya. Fragile merupakan drama horor yang digarap dengan sensitif dan ditutup dengan ending yang emosional sekaligus membuktikan gaya klasik sekalipun masih dapat diandalkan.

Durasi:
90 menit

Europe Box Office:
€22,058 till Sept 2006 in Netherlands.

Overall:
7.5 out of 10

Movie-meter:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent