Saturday, 29 May 2010

OCEANS : Kehidupan Bawah Laut Yang Menakjubkan

Tagline:
Explore the depths of our nation's oceans. Experience the stories that connect their world to ours.

Storyline:
Nyaris tiga perempat belahan bumi ditutupi air dan film ini secara tegas membabarkan penjelajahan misteri yang terdapat di dalamnya termasuk eksplorasi manusia terhadap ekosistem bawah laut dan juga jenis-jenis makhluk hidup yang mungkin tidak pernah anda bayangkan sebelumnya.

Nice-to-know:
Merupakan film kedua yang didistribusikan Disneynature setelah Earth (2008) untuk menyambut Hari Dunia yang jatuh pada tanggal 22 April 2010.

Cast:
Untuk versi Inggrisnya, narator disuarakan oleh mantan James Bond, Pierce Brosnan.

Director:
Jacques Perrin sempat dinominasikan Best Picture Academy Awards 1970 bersama Ahmed Rachedi lewat Z (1969) kali ini dibantu astrada, Jacques Cluzaud.

Comment:
Jika sebelumnya ada Earth (2008) secara luar biasa sukses di pasaran internasional maka film ini dapat dikatakan lebih spesialis pada kehidupan bawah laut. Kamera berteknologi tinggi dari berbagai sudut termasuk yang disematkan kepada helikopter elektrik yang dikendalikan remote kontrol dan juga speedboat berhasil menyorot gambar-gambar menakjubkan. Coba bayangkan ikan paus yang berjumpalitan di udara, ikan sarden yang berenang berkelompok dengan cepat atau pertempuran antar ekosistem demi bertahan hidup. Semua itu merupakan kerja keras bertahun-tahun sutradara dan tim produksi yang berkelana di berbagai belahan dunia. Narasi yang dijabarkan bisa dikatakan minimal dan tidak menggurui samasekali meskipun tetap menyelipkan pesan moral akan perilaku manusia menjamah ataupun mencemari lautan dengan sesuka hati. Endingnya ditutup oleh penggambaran kapal laut yang berjuang mengatasi badai cuaca yang ganas di tengah lautan dengan ombak berpuluh-puluh kaki yang menerjang. Walaupun secara keseluruhan kualitasnya masih sedikit di bawah Earth dalam hal pengaturan tempo dan tensi penceritaan, Oceans tetap layak tonton bagi anda dan keluarga yang peduli akan lingkungan tentunya.

Durasi:
90 menit

U.S. Box Office:
$18,524,665 till end of May 2010.

Overall:
7 out of 10

Movie-meter:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent

No comments:

Post a Comment