Tuesday 1 December 2009

NEW MOON : Pertentangan Keabadian dan Rasa Cinta

Quotes:
Bella Swan-What happened with Jasper was nothing.
Edward Cullen-Nothing compared to what could've happened. I promise never to put you through anything like this ever again. This is the last time you'll ever see me.

Cerita:
Hidup Bella dan Edward semakin terasa indah karena kekuatan cinta dalam hubungan mereka yang mendalam. Namun semua berubah saat ultah Bella dimana Bella merasa tak pantas dengan kemanusiaannya untuk Edward yang abadi. Belum lagi saat keluarga Edward merayakannya, jari Bella yang teriris pisau malah mengundang Jasper yang belum kebal darah untuk menyerangnya. Sejak saat itu Edward memutuskan pergi bersama keluarganya sejauh mungkin dari Bella demi keselamatannya. Kesepian melanda Bella yang hidupnya mendadak kacau. Disitulah sahabatnya yang seorang manusia serigala, Jacob Black berusaha menghiburnya. Dengan bahaya baru, teman baru dan musuh baru, Bella harus memilih berpegang pada masa lampau atau meneruskan masa depan?

Gambar:
Hampir keseluruhan syuting dilakukan di Vancouver, Canada termasuk David Thompson Secondary School, Paramount Theatre, Pitt Meadows, Stanley Park, Whytecliff Park dan Vancouver Film Studios yang sangat membantu kesan dingin dan sepi yang ingin ditampilkan.

Act:
Aktris muda yang semakin mencuat namanya ini terakhir terlibat dalam Adventureland (2009), Kristen Stewart masih memerankan tokoh Bella Swan yang semakin kompleks dan dilematis.
Debut Robert Pattinson pertama kali di layar lebar lewat Vanity Fair (2004) dimana namanya belum tercantum di credit tile. Sebagai Edward Cullen, Robert masih mempertahankan kharisma vampir cool.
Pernah mendukung Cheaper By The Dozen 2 (2005), Taylor Lautner melanjutkan peran Jacob Black hanya saja dalam porsi yang lebih besar karena berusaha mengisi kekosongan hidup Bella.

Sutradara:
Pria berusia 40 tahun bernama Chris Weitz ini pertama kali dikenal luas namanya lewat adaptasi fiksi The Golden Compass (2007) yang digadang-gadang sukses tetapi malah flop di pasaran. Semoga di tangannya, chapter kedua Twilight ini tidak bernasib sama.

Comment:
Saya tidak membaca buku Twilight samasekali tapi sudah menyaksikan film pertamanya tahun lalu yang menurut saya cukup baik karena sisi personalnya tertangkap dengan baik. Apa yang terjadi dengan sekuelnya ini? Pergantian sutradara dari Hardwicke ke Weitz rasanya sangat fatal. Keseluruhan film terasa kosong, durasi lama dan rasa bosan yang tidak berkesudahan apalagi karakternya bermain nyaris tanpa improvisasi yang baik. Rupanya kegagalan The Golden Compass diulangi lagi disini. Seakan membaca buku panjang tetapi di dalam sinema, fans setia mungkin akan senang karena semua elemen tertuang, tetapi tidak bagi penonton umum. Chemistry yang dibangun Edward dan Bella terasa datar, tidak sekuat film pertamanya. Sedangkan Bella dan Jacob sedikit lebih baik walau tetap terasa canggung. Beberapa dialog klise tentang cinta turut diucapkan meskipun tidak mengandung makna apa-apa. Spesial efek CGI sangat membantu tampilan werewolf, belum lagi sinematografi yang cukup artistik setidaknya masih menjadi nilai plus film ini. Sebagai penutup review, New Moon hanyalah diperuntukkan bagi penggila Twilight, bukan pengalaman sinema umum kebanyakan orang. Mudah-mudahan sekuel kedua dan ketiganya bisa lebih baik lagi.

Durasi:
125 menit

U.S. Box Office:
Unknown

Overall:
7 out of 10

Movie-meter:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent
No such perfect 9.5 or 10!