Friday 4 December 2009

HEART-BREAK.COM : Menjadikan Patah Hati Menjadi Semangat Baru

Tagline:
Patah hati anda.. Bisnis bagi kita..

Cerita:
Hati berbunga-bunga Agus saat menyambangi kekasihnya Nayla yang baru pulang dari Australia setelah satu tahun berubah menjadi kekecewaan. Hal itu disebabkan karena Nayla memutuskannya secara sepihak dan lebih memilih Kevin. Sahabat Agus, Wawan dan pacarnya Raya bertekad menyembuhkan patah hati Agus dengan membawanya ke lembaga intelijen khusus, Heart-break.Com yang bergerak di bidang pemulihan patah hati dan dipimpin oleh Mbak Elza dengan dua agennya yaitu Ferdy dan Nadia. Usaha demi usaha pun dijalani Agus untuk mendapatkan Nayla kembali. Berhasilkah perjuangannya?

Gambar:
Gaya kontemporer diusung film ini mulai dari situasi kampus, warnet, rumah sampai gedung lembaga intelijen, Heart-break.Com yang beraksen minimalis.

Cast:
Terakhir tampil tambun dalam Romeo Juliet, Ramon Y Tungka berhasil kembali ke berat badan aslinya untuk memerankan karakter Agus yang aslinya periang menjadi sensitif karena patah hati.
Raihaanun yang pernah bermain dalam remake Badai Pasti Berlalu (2006) kali ini kebagian peran Nayla, gadis manis keras hati yang kadang tidak bisa membaca situasi.
Ananda Omesh dan Richa Novisha mendapat peran pembantu teman-teman Agus yang setia kawan. Sedangkan Sophie Navita dan Gary Iskak sebagai Mbak Elza dan Kevin, si pacar playboy.

Sutradara:
Pernah dipuji saat menangani film horor petualangan Pencarian Terakhir (2008), Affandi Abdul Rachman kembali lagi setelah menghilang cukup lama lewat genre drama romantis ini yang sesungguhnya bukan ide yang baru.

Comment:
Film yang diproduksi One Star Pictures ini bisa dibilang menjanjikan. Premis awalnya memang terkesan mencomot beberapa film Hollywood yang pernah menyajikan hal serupa. Namun untungnya hasil akhirnya membuktikan bisa berdiri sendiri dengan tetap setia pada identitas lokal. Beruntung juga Ramon dan Raihaanun mau ambil bagian disini karena kekhasan akting mereka bisa dibilang cukup di atas rata-rata sejak dahulu. Debut Ananda Omesh dengan celetukan dan mimik polosnya memberikan warna komedi yang berbeda. Sang sutradara muda yang punya potensi, Affandi juga berhasil memberikan porsi yang pas pada setiap karakter intinya sehingga hubungan satu sama lain terasa wajar dan masuk akal. Bukan berarti film ini tanpa kelemahan karena beberapa scene terasa diulur-ulur apalagi dengan pencahayaan dan setting yang terkadang monoton terutama pada kuarter kedua dan ketiga. Patah hati dan kekuatan cinta memang plot cerita yang tak ada habisnya untuk digali. Dan disini HEART-BREAK.COM membawakannya dengan lugas, jujur dan segar. Ohya, sedikit twist di ending juga menghindari klisenya romantika yang biasa diakhiri di bandara dengan peluk dan cium. Bagaimana menurut anda?

Durasi:
100 menit

Overall:
7.5 out of 10

Movie-meter:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent
No such perfect 9.5 or 10!