Sunday 27 December 2009

BODYGUARDS AND ASSASSINS : Perlindungan Bapak Revolusi Republik China

Storyline:
Untuk mewujudkan perubahan yang diimpikannya, Dr. Sun Yat Sen mau tidak mau harus berhadapan dengan Dinasti Ching yang saat itu masih berkuasa. Para pembunuh profesional pun dikerahkan untuk menggagalkan rencana Dr. Sun saat kedatangannya di Hongkong. Namun lima pengawal setia Dr. Sun bertekad sekuat tenaga melindunginya walau harus mengorbankan jiwanya sendiri. Harga yang dibayar untuk sebuah perubahan memang kadang terlalu mahal apalagi menyangkut modernisasi di negeri China yang terkenal kuno pada masanya itu.

Nice-to-know:
Diproduksi atas kerjasama China Film Group, Cinema Popular dan Shanghai Media & Entertainment Group.

Cast:
Donnie Yen sebagai Sum Chung-yang
Leon Lai sebagai Lau Yuk-bak
Wang Xueqi sebagai Li Yue-tang
Tony Leung Ka Fai sebagai Chen Xiao-bai
Nicholas Tse sebagai Ah Si
Hu Jun sebagai Yan Xiao-guo
Li Yuchun sebagai Fang Hong
Eric Tsang sebagai Detective Smith
Simon Yam sebagai Fang Tian
Fan Bingbing sebagai Yuet-yu
Le Cung sebagai Sa Zhen-shan
Wang Bo-Chieh sebagai Li Chung-guang
Zhou Yun sebagai Ah Suen

Director:
Merupakan karya kedelapan Teddy Chan sejauh ini sejak terakhir Wait 'Til You're Older (2005).

Comment:
Premis film ini menunjukkan sejarah Kebangkitan China di akhir tahun 1800an. Buang jauh-jauh kata "membosankan" saat mendengarnya karena film ini justru bercerita dengan luar biasa. Aspek drama berpadu kuat dengan unsur actionnya di sepanjang durasinya.
Sutradara Teddy Chan mengemas plotnya dengan padat, bisa dikatakan sedikit mengesampingkan detail yang seharusnya diangkat. Namun yang terpenting adalah semangat juang yang ingin ditampilkan para pahlawan dan pembunuh bayaran tersebut. Dan Teddy memiliki jajaran ensambel cast yang luar biasa disini sebagai pendukungnya. Donnie Yen yang biasanya dominan kali ini berbagi porsi yang sejajar dengan Leon Lai, Simon Yam, Wang Yueqi, Liang Cia Hui. Junior mereka macam Nicholas Tse, Fan Bingbing, Zhou Yun, Wang Bo-Chieh hingga biduanita Li Yuchun juga terampil mengisi perannya masing-masing. Tanpa lupa menyebutkan Hu Jun, Le Cung dkk yang memainkan karakter antagonis dengan cukup meyakinkan. Masing-masing dibebatkan karakterisasi dengan motivasi yang berbeda-beda.
Bagian pertama mungkin sedikit slow karena penjelasan historis yang melatar belakangi cerita disertai dengan pengenalan tokoh-tokoh utamanya dan korelasi di antara mereka semua. Bagian kedua merupakan full aksi seru bertensi tinggi yang menakjubkan yang tidak jarang disematkan semangat pengorbanan dan dedikasi tinggi di dalamnya. Dipastikan anda akan trenyuh dibuatnya apalagi momen kematian para pahlawan tersebut dibuat slow motion dengan texting penjelasannya yang mempertegas kiprah mereka. Semua yang saya uraikan itulah keunggulan Bodyguards & Assassins yang juga plus dari sisi sinematografi, setting, kostum dan permainan kameranya. Saksikan dan anda akan mengakui ini sebagai salah satu film Asia terbaik selama beberapa dekade terakhir. Tidak percaya?

Durasi:
135 menit

Overall:
8 out of 10

Movie-meter:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent