Sunday 20 November 2011

CLOSING INAFFF11 – INDONESIA INTERNATIONAL FANTASTIC FILM FESTIVAL 2011


Tanpa terasa sudah 10 hari penyelenggaraan iNAFFF11 Jakarta yang ditutup tepat pada tanggal 20-11-2011. Itu artinya pemutaran 57 show telah dituntaskan di bioskop Blitzmegaplex Grand Indonesia yang rata-rata dibanjiri penonton dengan antusiasme yang sangat tinggi, terutama dari kalangan pecinta horror dan thriller sejati.

Salah satu highlight tahun ini adalah FISFiC alias Fantastic Indonesian Short Film Competition yang awalnya diikuti oleh lebih dari 400 peserta lalu dipilih menjadi 25 besar sebelum disaring kembali menjadi 6 terbaik saja sebagai berikut:
- Meal Time (Ian Salim & Elvira Kusno)
- Rengasdengklok (Dion Widhi Putra & Yonathan Lim)
- The Reckoning (Zavero G. Idris & Katharina Vassar)
- Rumah Babi (Alim Sudio & Harry Setiawan)
- Effect (Adriano Rudiman & Leila Safira)
- Taksi (Arianjie AZ, Nadia Yuliani & Titis Sapto)

Di luar dugaan, sambutan media dan khalayak umum begitu tinggi terhadap 6 film pendek tersebut, terbukti 3x pemutaran tanggal 14, 15, 19 November tidak ada bangku kosong yang tertinggal! Setelah melalui penjurian ketat oleh Joko Anwar, The Mo Brothers, Gareth Evans, Lala Timothy, Ekky Imanjaya dan Rusli Eddy maka diputuskan Taksi sebagai pemenangnya dan Rumah Babi sebagai special mention. Itu artinya Arianjie, Nadia dan Titis berhak mendapatkan kesempatan menggarap sebuah film pendek yang akan diproduseri oleh Lifelike Pictures untuk konsumsi publik periode 2012 mendatang.

Film penutup iNAFFF11 ini adalah The Raid yang bercerita mengenai misi sekelompok tim SWAT yang berusaha membekuk raja bisnis narkoba dalam sebuah bangunan “tak tersentuh” yang dijaga ketat oleh kawanan preman tangguh di setiap lantainya.

Kredibilitas Gareth Evans dalam menggarap The Raid membuat film ini sukses meraih penghargaan Midnight Madness Award dalam ajang Toronto International Film Festival 2011 yang diadakan di Kanada beberapa waktu lalu. Bahkan hak edar dan remakenya sudah dibeli oleh Sony Pictures sejak dini. Publik Indonesia baru berkesempatan menyaksikan The Raid pada medio April 2012. Harap bersabar menunggu kehadirannya di ranah negeri sendiri.


Malam penutupan berlangsung meriah apalagi dihadiri oleh sederetan tokoh negara maupun selebritis tanah air. Applause panjang pun mengiringi kemunculan credit title The Raid yang juga menandakan kepuasan penonton akan kualitas film yang dibintangi oleh Iko Uwais, Ray Sahetapy, Joe Taslim, Donny Alamsyah, Yayan Ruhian ini. Bagi publik Bandung, silakan cek website http://www.inafff.com dan meriahkan eforia iNAFFF11 di kota anda 25-27 November mendatang!