Wednesday 16 November 2011

ROCKSTAR : Ambisi Bintang Rock Cinta Seumur Hidup

Quotes:
Jordan: Halo masa muda yang beringas!


Storyline:
JJ yang naïf bercita-cita menjadi pemusik handal. Tak kunjung sukses, ia menuruti saran bahwa jika ingin maju maka harus mengalami patah hati terlebih dahulu. JJ mendekati gadis populer di kampusnya, Heer yang digambarkan “sempurna”. Meski awalnya ditolak mentah-mentah, Heer akhirnya meminta JJ menemaninya “bertualang” sebelum menikah di Ceko. Kedekatan keduanya membuat perubahan situasi sekaligus pendewasaan diri. Pertemuan kembali bertahun-tahun setelahnya dalam kondisi yang jauh berbeda tidak menghindari cinta dimana JJ telah menjelma sebagai bintang rock Jordan sedangkan Heer sudah menjadi istri yang mapan.

Nice-to-know:
Sutradara Imtiaz Ali awalnya menginginkan Kareena Kapoor untuk bermain sebagai Heer. Namun karena Kareena bersaudara sepupu dengan Ranbir, maka diputuskan Nargis Fakhri untuk mengisinya.

Cast:
Ranbir Kapoor sebagai Janardan Jakhar / Jordan
Nargis Fakhri sebagai Heer Kaul
Shammi Kapoor sebagai Ustad Jameel Khan
Shikha Jain sebagai Meena

Director:
Merupakan film keempat Imtiaz Ali setelah terakhir Love Aaj Kal (2009).

Comment:
Lagi-lagi kisah cinta. Sebuah formula lawas Bollywood yang telah diwariskan turun temurun dari satu generasi ke generasi lainnya. Yang berbeda hanyalah frame yang digunakan, bisa action atau comedy yang paling umum sekalipun. Kali ini Imtiaz Ali yang juga bertindak sebagai penulis skrip nya menggunakan pendekatan musik dalam diri seorang pemuda yang memiliki idealisme sebagai bintang rock sesuai idolanya.
Ranbir Kapoor merupakan pilihan yang tepat bagi peran JJ alias Jordan. Ia berlatih gitar sungguhan di studio music A.R. Rahman selama berhari-hari hingga membaca novel biografi Kurt Cobain sebagai interpretasi karakternya. Transformasinya benar-benar terlihat dari mahasiswa Janardan Jakhar yang naïf menjadi bintang rock populer Jordan yang berperangai keras. Bahasa tubuhnya saat manggung terlihat meyakinkan selain kerapuhannya sebagai pria biasa yang mencintai satu wanita dalam hidupnya.
Mantan gadis America’s Next Top Model season 2004, Nagis Fakhri melakukan debutnya dengan baik. Kecantikannya melebur alami dalam peran Heer yang berbakat dan telah memilih jalan hidupnya sendiri sejak usia muda tanpa menyadari bahwa ia tidak pernah jatuh cinta yang begitu dalam. Begitu merasakannya, semua seakan terlambat karena ia telah memutuskan dan tidak ada jalan untuk kembali. Kepiawaiannya menari juga sukses menyihir para penonton pria di awal-awal film.

Sutradara Ali menyatukan setiap aspek dalam film dengan gemilang. Pengembangan karakter dalam filmnya sangat terasa dari waktu ke waktu sehingga penonton diajak untuk mengenal Jordan dan Heer secara personal. Sinematografinya memuaskan dengan berbagai setting mulai dari Universitas New Delhi, Kashmir hingga Prague dengan keindahan masing-masing. Tidak lupa menyebut tangan dingin A.R. Rahman yang menghadirkan hit-hit menarik yang disesuaikan dengan chapter perjalanan hidup seorang Jordan.
Rockstar berhasil menerjemahkan multi emosi yang melingkupi para karakternya dengan tajam melalui pemaparan konflik yang semakin meningkat. Belum lagi mood yang terbangun maksimal lewat scoring musik nan indah. Inilah alasan anda menyukai film ini sekaligus belajar bahwa cinta dan ketenaran jelas memiliki efek yang saling terkait satu sama lain. Belum lagi kepuasan diri sendiri kerapkali tidak seimbang dengan realita yang terjadi di sekeliling anda. Well done, Ali who direct brilliantly & Kapoor whose act stole the show including every various concert venues!

Durasi:
155 menit

U.S. Box Office:
$612,235 opening week in mid Nov 2011

Overall:
7.5 out of 10

Movie-meter:


Notes:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent