Thursday 27 October 2011

THE ASSAULT : Misi Pembebasan Pesawat Tersandera


Storyline:
24 Desember 1994, 4 teroris dari Algerian Armed Islamic Group membajak pesawat Perancis, Flight 8969. 227 penumpang di pesawat tampak sudah ditakdirkan menjadi korban. Setelah berjam-jam negosiasi, pesawat diijinkan berangkat menuju Marseille untuk mengisi bahan bakar. Kekerasan dan klastrofobia melingkupi perjalanan petugas SWAT Thierry memerangi semua rintangan yang ada untuk meminimalisir jatuhnya korban jiwa.

Nice-to-know:
Diproduksi oleh Labyrinthe Films dan sudah dirilis di negara asalnya Perancis pada tanggal 9 Maret 2011.

Cast:
Vincent Elbaz sebagai Thierry
Grégori Derangère sebagai Commandant Denis Favier
Mélanie Bernier sebagai Carole
Philippe Bas sebagai Didier
Aymen Saïdi sebagai Yahia

Director:
Merupakan film kedua bagi Julien Leclercq setelah Chrysalis (2007).

Comment:
Pernah menyaksikan United 93 atau World Trade Centre? Berkisah tentang para “jihad” pembajak pesawat yang mengatasnamakan Tuhan untuk segala kegiatan terorismenya? Jika anda pernah menontonnya atau setidaknya tahu, film yang diproduseri oleh Julien Leclercq dan Julien Madon ini mengambil benang merah yang sama, hanya saja produksi Perancis sehingga sudut pandang Eropanya terasa lebih kental.
Simon Moutairou dan Julien Leclercq yang menulis skripnya berdasarkan buku karangan Roland Môntins dan Gilles Cauture berjudul L’assaut memilih sudut pandang tiga pihak kali ini. Satu adalah Thierry, pemimpin GIGN dan juga ayah yang baik dari putri kecilnya. Dua adalah Yahia, pemimpin teroris penyandera pesawat. Tiga adalah Carole, staf Kementerian Perancis yang berusaha menjelaskan sudut pandang dan prediksinya dari kejadian penyanderaan tersebut.
Sayangnya Leclercq yang bertindak sebagai sutradara tampaknya terlalu sibuk menata kronologis peristiwa itu dari awal sampai akhir sehingga melupakan intensitas yang harus dirasakan penonton. Belum lagi merasakan keterikatan emosional tokoh-tokohnya agar kita peduli siapa yang harus mati dan siapa yang mesti tetap hidup. Nyaris tidak banyak waktu tersisa untuk memfokuskan diri pada karakter Thierry, Yahia ataupun Carole secara seimbang.
Meski demikian ketiga tokoh utama tersebut mampu menampilkan akting yang cukup mengagumkan. Paling menonjol adalah Saidi yang tidak berperikemanusiaan ataupun memiliki logika yang masuk akal mengenai segala aksinya. Lalu Elbaz juga memberikan figur seorang family man yang pengasih, kontras dengan ketegasannya sebagai seorang pemimpin berani mati. Atau Bernier yang juga terlihat tegas dan dinamis dalam mengambil resiko meskipun autoritas Pemerintahan bukan berada di tangannya.
Walaupun filmmakernya merupakan asli Perancis, The Assault seakan terinspirasi oleh kinerja Paul Greengrass terlebih dalam Green Zone (2010) dengan gambar-gambar bergerak hasil handheld camera untuk memberikan efek terdekat dengan documenter. Seakan keseluruhan drama itu terjadi di depan mata kita. Jelas bukan action thriller yang biasa anda temui dalam film-film, tetapi lebih kepada peringatan bahwa situasi berbahaya bisa menimpa siapapun juga tanpa terkecuali.

Durasi:
87 menit

Overall:
7 out of 10

Movie-meter:


Notes:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent