Saturday 1 October 2011

PIRATES OF THE CARIBBEAN : ON STRANGER TIDES Petualangan Pencarian Air Mancur Awet Muda

Quotes:
Angelica: You were the only pirate I thought I could get away with.
Jack Sparrow: That is NOT a compliment.


Storyline:
Kapten Jack Sparrow menyisir London untuk mencari orang yang meniru tindak tanduknya dalam mencari kru kapal hingga akhirnya mempertemukannya dengan mantan kekasihnya, Angelica yang kini telah menjadi putri bajak laut kejam Blackbeard. Tujuan mereka adalah menemukan mata air awet muda yang telah menjadi incaran banyak orang dengan menggunakan kapal Queen Anne's Revenge. Jack juga menyelamatkan sahabat lamanya Josh sebelum ditugaskan King George II untuk memimpin ekspedisi sebelum armada Spanyol datang. Akankah petualangan Jack kali ini membuahkan hasil manis di tengah persaingan dan cinta yang dihadapinya?

Nice-to-know:

Dikarenakan eforia seri 1-3 nya, Kepala Produksi Disney – Oren Aviv menegaskan On Stranger Tides ini akan menjadi pembuka dari trilogi baru dengan mereset semua elemen yang sudah ada.

Cast:
Baru saja mengisi suara dalam Rango, Johnny Depp kembali sebagai Jack Sparrow
Terakhir muncul sekilas dalam Sex and the City 2 (2010), Penélope Cruz bermain sebagai Angelica Teach
Geoffrey Rush sebagai Barbossa
Ian McShane sebagai Blackbeard
Kevin McNally sebagai Joshamee Gibbs
Sam Claflin sebagai Philip
Astrid Bergès-Frisbey sebagai Syrena

Director:
Sebelum ini menggarap film musikal sukses Nine (2009), Rob Marshall ditunjuk pihak Disney untuk menggarap trilogy kedua (rencana) Pirates of the Caribbean ini.

Comment:
Selama periode 2003-2007, trilogy Pirates of the Caribbean telah menjadi tambang emas tersendiri bagi Disney Pictures, menyusul kesuksesan wahana berjudul serupa di Disneyland yang konon mendasari pembuatan film ini. Jika anda berpikir franchise tersebut sudah habis, nanti dulu. Terbukti produser Jerry Bruckheimer belum cukup “puas” dan kembali menghidupkannya dengan nuansa yang baru, setidaknya dengan pergantian beberapa karakter kunci.
Mau tidak mau anda harus setuju dengan fakta bahwa Jack Sparrow adalah ikon utama PotC dengan segala tingkah laku eksentrik plus minusnya. Ia dipasangkan dengan Barbossa dan seorang wanita dari masa lalunya yaitu Angelica Teach untuk mengisahkan petualangan baru dengan tokoh-tokoh yang baru pula. Lupakanlah Will Turner dan Elizabeth Swann karena Bloom dan Knightley tidak akan muncul kembali, tidak usah berspekulasi apakah keduanya meminta bayaran terlalu tinggi atau tidak.
Depp kembali dengan bahasa tubuh antik dan dialog-dialog satir komediknya yang tetap ampuh memancing perhatian. Tidak ada keputusan yang lebih tepat selain memasangkannya dengan Cruz yang cantik, tangguh sekaligus licik dalam sebuah installment baru. Menarik melihat perkembangan asmara mereka selanjutnya setelah ending yang cukup menjengkelkan itu. Kontribusi McShane dan Rush juga tidak boleh disepelekan begitu saja, sama halnya dengan Claflin dan Bergès-Frisbey yang menghidupkan peran pendukung dengan menarik.

Skrip garapan Ted Elliott dan Terry Rossio ini terbilang ringan jika dibandingkan dengan trilogy sebelumnya. Semua elemen fantasi yang ada seperti air mancur awet muda dan legenda putri duyung yang mungkin sudah beratus-ratus kali dengar sebelumnya dari berbagai dongeng dijadikan satu dalam balutan petualangan yang dibumbui oleh romantisme unik Sparrow dan Teach serta perseteruan Barbossa dan Blackbeard. Sangat sederhana, kan?
Harus diakui kinerja Rob Marshall sebagai sutradara menjadikan On Stranger Tides ini lebih ngepop dari apa yang sudah dibangun oleh Gore Verbinski dahulu. Sangat mudah mengikuti aksi-aksi yang ditawarkan dalam intensitas yang tidak terlalu tinggi. Bagi penonton dewasa bisa jadi sebuah penurunan karena akan dianggap terlalu ringan. Satu yang pasti, scoring musik milik Hans Zimmer patut diacungi jempol sekali lagi untuk membangun mood film.
Mari menggarisbawahi, Pirates of the Caribbean: On Stranger Tides menawarkan petualangan baru yang predictable dan fun. Adegan aksinya lumayan memikat meskipun tinggal menyisakan sedikit kejutan di dalamnya. Jangan mengharapkan pesona yang sama dengan trilogy sebelumnya dimana magic dan excitement nya masih begitu tinggi. Terima saja persembahan Marshall dengan harapan ke depannya akan jauh lebih menarik lagi sebagai sebuah franchise unggulan. Satu yang pasti, Jack Sparrow lah yang membuat anda selalu kembali ke bioskop selaku fans PotC.

Durasi:
135 menit

U.S. Box Office:
$241,011,325 till mid Sep 2011

Overall:
7.5 out of 10

Movie-meter:


Notes:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent