Monday 17 October 2011

FORCE : Tugas Menguatkan Cinta Melemahkan

Tagline:
Bound by Duty, Unleashed by Love.


Storyline:
Terluka parah dalam kesadaran yang belum penuh di RS Mumbai, ACP Yashvardhan yang bertugas sebagai Kepala Biro Pengawasan Narkotik merefleksikan hidup dan cintanya dengan Maya. Rekan-rekannya Atul, Kamlesh dan Mahesh Pandey serta informer Arvind Shetty berhasil memerangi pemasok di Gujarat, Punjab dan Himachal Pradesh. Sayangnya pada satu operasi, Vasu Anna Reddy terbunuh yang mengakibatkan kemurkaan saudaranya Vishnu. Vishnu bertekad membalaskan dendamnya dengan cara yang lebih keji lagi. Bagaimana ACP Yash melindungi Maya yang sangat disayanginya itu?

Nice-to-know:
Diproduksi oleh Fox STAR Studios dan Sunshine Pictures serta dirilis pada awal Oktober 2011 ini di negara asalnya.

Cast:
Pernah membintangi Dostana (2008) yang dijiplak oleh sineas Indonesia, John Abraham berperan sebagai ACP Yashvardhan
Genelia D'Souza sebagai Maya
Vidyut Jamwal sebagai Vishnu
Sandhya Mridul sebagai Swati
Mohnish Bahl sebagai Atul

Director:
Merupakan film keempat garapan Nishikanth Kamath yang diawali dengan Dombivli Fast (2005).

Comment:
Di tahun 2003 pernah ada sebuah film India berjudul Kaakha Kaakha a.k.a The Police yang disutradarai oleh Gautham Menon. Karena responnya dianggap bagus secara kualitas, 8 tahun kemudian produser Vipul Amrutlal Shah pun meremakenya dengan bintang-bintang yang baru dan lebih menjual. Bahasa aslinya Tamil digubah menjadi Hindi sedangkan durasinya sedikit dipersingkat dari 153 menit menjadi 137 menit.
Penulis skrip Ritesh Shah tidak banyak mengubah versi originalnya. Film tetap menekankan konsep hidup seorang perwira polisi yang sudah ”komitmen” dengan tugasnya sebelum mengalihkan perhatiannya kepada seorang gadis yang menawan hatinya. Kekuatan yang begitu besar ternyata bisa dilemahkan oleh cinta. Ingatan saya melambung pada kisah klasik Samson dan Delilah yang telah ribuan kali diadaptasi ke dalam berbagai bentuk.
John Abraham merupakan pilihan sempurna untuk peran ACP Yash, melanjutkan apa yang lebih dulu dilakoni senior-seniornya macam Salman Khan, Aamir Khan dll. Ketangkasannya memberantas geng narkotika sangat didukung oleh penampilan fisiknya yang prima dengan otot-otot tubuh yang terpahat maksimal. Oleh karena itu, tidak ada alasan baginya untuk tidak menanggalkan pakaiannya termasuk ketika pertempuran akhir dengan Vidyut, sang antagonis yang juga sukses mencuri perhatian dengan kekejian dan sifat binatangnya terlepas dari porsi minimal yang dilakoninya.

Genelia adalah gadis manis yang naïf. Terkadang saya lebih suka melihatnya diam karena terkesan cool. Di sisi lain celotehan panjang lebarnya menegaskan pandangan cintanya yang mandiri dan tidak selalu mengharapkan respon yang setimpal. Saya suka wanita semacam ini! Chemistry nya dengan John terbingkai dengan pas, terbukti banyak bahasa verbal yang diperlihatkan keduanya saat berbagi layar termasuk menyanyikan beberapa lagu ear-catchy secara bersama-sama.
Force memang terlihat sebagai action dengan elemen-elemen umum yaitu polisi superior, penjahat brengsek yang ditutup dengan perkelahian seru antar keduanya. Namun sutradara Nishikant lebih memilih untuk mengedepankan sisi dramanya terutama cinta sejati. Itulah sebabnya film yang terkesan keras menjual ini justru lembek dalam penyajian. Seolah mengajarkan penonton bahwa pengorbanan dibutuhkan untuk mempertahankan dedikasi tinggi dan kali ini John Abraham berhasil menerjemahkannya dalam kemasan yang berdaya jual tinggi.

Durasi:
137 menit

Asian Box Office:
Rs 5.5 crore in India (opening week) till Oct 2011

Overall:
7 out of 10

Movie-meter:


Notes:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent