Thursday 25 August 2011

THE TOWN : Perampokan Bank Berbuntut Pertobatan Hidup

Quotes:

Doug MacRay: I'm thinking about making a change...

Stephen MacRay: "Making a change," either you got heat or you don't.





Storyline:

Bertetangga dengan Boston. Charlestown terkenal dengan kasus perampokan yang tinggi dari tahun ke tahun, generasi ke generasi. Bahkan para pelakunya sendiri tidak pernah meninggalkan kota dan bisa hidup tenang dengan hasil rampokannya itu. Salah satunya adalah geng beranggotakan Doug MacRay, James Coughlin, Albert 'Gloansy' Magloan dan Desmond Elden. Doug dan James adalah sahabat dekat sejak kecil dimana Doug juga dekat secara seksual dengan adik James, Krista. Masalah mulai timbul saat Doug menjalin hubungan dengan Claire, seorang manajer bank yang disandera dan dirampoknya. Anggota lain mulai mencium hal tersebut dan mengancam untuk melenyapkan Claire.



Nice-to-know:

Versi aslinya yang dipresentasikan pada produser berdurasi 4 jam. Setelah dianggap terlalu lama maka mengalami beberapa kali pemangkasan termasuk scene-scene favorit dan footnotes dari Affleck.



Cast:

Satu dari dua film yang dibintangi di tahun 2010 selain The Company Men, Ben Affleck bermain sebagai Doug MacRay

Rebecca Hall sebagai Claire Keesey

Jon Hamm sebagai FBI S.A. Adam Frawley

Jeremy Renner sebagai James Coughlin

Blake Lively sebagai Krista Coughlin



Director:

Merupakan feature film kedua yang disutradarai Ben Affleck setelah Gone Baby Gone (2007).



Comment:

Ben Affleck adalah salah satu pesohor Hollywood yang mencapai kebintangan di usia muda sebagai aktor. Pencapaiannya kian sempurna setelah merenggut Piala Oscar lewat Skenario Asli Terbaik dalam Good Will Hunting (1997) bersama Matt Damon di usia 25 tahun! Tidak terlalu mengherankan jika karirnya naik turun setelah itu karena berbagai proyek yang melibatkannya tidak semua berkualitas. Namun mengambil posisi di belakang layar jelas bukan hal yang mudah untuk dilakukan.

Setelah melewati durasi selama dua jam, saya harus akui (kembali) bahwa Affleck memang memiliki talenta tidak hanya dalam peran Doug MacRay tapi juga sebagai sutradara. Lihat bagaimana setting kota Charlestown diperlihatkan secara realistis dan menakjubkan dimana aksi kejahatan itu terjadi, dalam hal ini perampokan yang disertai dengan penembakan bahkan pembunuhan. Emosi penonton berhasil diikat dari awal sampai akhir karena konsep crime drama yang dibesutnya.

Doug MacRay sendiri adalah leader tak resmi dari komplotan tersebut yang untungnya masih memiliki sisi kemanusiaan yang kuat. Masa lalu kelam ditinggal ibunya tanpa sebab perlahan-lahan terungkap hingga visinya untuk mencari jalan keluar suatu saat nanti, termasuk jatuh cinta dengan salah satu mantan korbannya berada di luar skenario. Penjiwaan Affleck disini tidak melulu mengandalkan fisik tapi juga intonasi suaranya yang terjaga baik dalam berdialog atau menggertak sekalipun.

Skrip yang ditulis oleh trio Affleck, Peter Craig dan Aaron Stockard ini terbilang tidak menyuguhkan hal yang baru. Komplotan perampok dengan modus yang terencana rapi menjanjikan aksi yang memacu adrenalin penonton. Plus drama dimana salah satu anggotanya bertekad mundur menawarkan pertentangan hati nurani hitam putih yang bisa jadi berakhir pada tragedi. Yang membuat berbeda adalah akting solid dari aktor-aktrisnya disini tanpa terkecuali.

The Town memang tidak mencoba untuk mengagumkan anda dengan aksi spektakuler yang membutuhkan bujet besar. Cukup dengan gaya perampokan bank yang berbeda lewat berbagai penyamaran unik yang sangat beresiko kehilangan nyawa masing-masing. Pihak FBI sendiri sebenarnya hanya kebagian porsi pendukung tapi tetap menjalankan tugasnya dengan baik. This movie definitely belongs to Mr. Affleck, not just a strong actor with confidence, but also the man behind it with perfection. Tip my hat for him!



Durasi:

120 menit



U.S. Box Office:

$92,173,235 till Jan 2011



Overall:

8 out of 10



Movie-meter: