Friday 26 August 2011

BLUE VALENTINE : Pahit Manis Cinta Kebuntuan Rumah Tangga

Quotes:

Dean: In my experience, the prettier a girl is, the more nuts she is, which makes you insane.

Cindy: I like how you can compliment and insult somebody at the same time, in equal measure.





Storyline:

Dean Pereira dan Cindy Heller Pereira adalah pasangan muda yang bekerja keras untuk menghidupi rumah tangga mereka terlebih kehadiran si kecil Frankie. Sang suami bekerja sebagai pekerja cargo yang membutuhkan kekuatan fisik sedangkan sang istri bekerja sebagai perawat klinik kesehatan yang menuntut kesiagaannya. Masing-masing pernah mengalami kerasnya hidup dan pengalaman pahit sebelumnya bisa jadi mengubah pandangan mereka tentang cinta yang terbangun selama bertahun-tahun terakhir.



Nice-to-know:

Sedianya film akan disyut pada musim semi 2008 tapi mundur karena kematian Heath Ledger untuk memberikan waktu berduka bagi Michelle Williams yang tetap dipertahankan untuk peran Cindy Heller daripada harus mencari aktris lain.



Cast:

Memulai karir aktornya lewat Frankenstein And Me (1997), Ryan Gosling bermain sebagai Dean Pereira

Kemunculan pertama kali dalam salah satu episode Baywatch di tahun 1993, Michelle Williams berperan sebagai Cindy Heller

Faith Wladyka sebagai Frankie

John Doman sebagai Jerry

Mike Vogel sebagai Bobby Ontario



Director:

Merupakan feature film kedua yang disutradarai Derek Cianfrance setelah Brother Tied (1998).



Comment:

Lagi, sebuah drama bertemakan perjalanan kasih dua insan manusia dari mulai perkenalan, kedekatan, pernikahan, rumah tangga. Bedanya trio penulis skrip Derek Cianfrance, Cami Delavigne, Joey Curtis menyuguhkannya dengan mengacak timeline, tidak linier seperti biasanya. Dibutuhkan kejelian dari anda untuk bisa mencerna rentang waktu yang menjadi latar belakang adegan demi adegannya. Untuk mempermudah, lihat saja perbedaan gaya rambut Ryan Gosling disini.

Sederetan dialog realistis sarkastis keluar dari mulut Gosling dengan lancar. Terkadang saya (dan para penonton pria) merasa seperti ada di posisi tokoh Dean Pereira saat bertemu dengan seorang gadis menarik dan berpikir gadis itu hanya akan membalas perhatian jika saya memiliki pekerjaan yang bagus. Yes, men follow their instincts but women need to be secure with their choices. Pertentangan itu akan selalu ada dan simpati akan mengalir untuk Gosling yang sekuat tenaga berusaha tegar menghadapi perubahan sikap istrinya yang sulit ditebak itu.

Namun Williams pun tetap mampu menampilkan empati yang sama kuatnya sebagai pihak wanita yang bekerja habis-habisan demi suami dan putrinya. Pengalaman pahit hidup dalam keluarga yang tidak harmonis membuat Cindy Heller apatis terhadap hidupnya sendiri termasuk rumah tangganya. Bagaimana akhirnya ia demikian mudah menyerah menghadapi kesulitan-kesulitan yang menghampiri. Kita tahu ia sudah berusaha keras hingga memutuskan berhenti di atas semua logika yang mendera.

Chemistry keduanya diperlihatkan secara luar biasa. Dean jatuh hati pada pandangan pertama dan Cindy pun pernah mencintainya. Keakraban di masa pacaran berbanding terbalik dengan kerenggangan di masa rumah tangga. Rasanya memang pantas Gosling dan Williams menerima nominasi Aktor-Aktris Terbaik di ajang Golden Globe yang lalu dengan komitmen akting yang begitu luar biasa termasuk beradegan seksual yang sangat frontal sekalipun, tanpa kecanggungan!

Blue Valentine adalah salah satu drama dengan konsep “jatuh cinta” dan “jatuhnya cinta” yang sempurna, dihadirkan silih berganti dengan alur dan tempo yang tepat. Saya harus peringatkan kalau film ini tidak akan membuat anda nyaman dengan perasaan yang ditimbulkan selama menontonnya. Kekhawatiran, ketakutan, keputus asaan, frustrasi yang bercampur aduk mengiringi jalinan cinta yang mulai memudar. Biasa terjadi pada pasangan yang sudah merangkai hubungan dalam jangka waktu panjang. Sebuah peringatan bagi cinta itu sendiri dan energi yang mungkin dikonsumsinya seiring berjalan waktu dimana pilihan-pilihan itu tetap akan selalu ada.



Durasi:

110 menit



U.S. Box Office:

$9,701,559 till Apr 2011



Overall:

8.5 out of 10



Movie-meter: