Monday, 15 November 2010

THE HAUNTING LOVER : Dibayangi Arwah Mantan Kekasih

Storyline:
Guangzhou di tahun 1940an, Kwong Leung cukup beruntung diterima bekerja di sebuah toko obat. Belakangan ia baru mengetahui fakta bahwa wajahnya sangat mirip pada putra ketiga keluarga pemilik yang sudah menghilang selama lebih dari 10 tahun lalu. Semenjak itulah berbagai kejadian supernatural yang tak terjelaskan mengganggu malam-malamnya termasuk kemunculan gadis cantik bergaun merah, Fu Yong yang juga mengidentifikasikannya sebagai mantan kekasihnya dahulu. Kwong akhirnya menyelidiki langsung bersama kekasihnya, Hsiao Chen ke Singapura perihal masa lalu yang terjadi di tempat itu. Apa yang sesungguhnya terjadi?

Nice-to-know:
Berjudul asli Deng Zhe Ni Hui Lai dan diproduksi oleh My Way Film Co.

Cast:
Vanness Wu sebagai Kwong Leung
Ai Kago sebagai Hsiao Chen
Li Xiaolu sebagai Fu Rong

Director:
Film kedua bagi Wing Kin Yip setelah Gong fu chu shen (2009).

Comment:
Menggabungkan unsur drama percintaan dan horor dalam nuansa Cina kuno tahun 1940an, plot ceritanya mungkin tidak asing lagi bagi para penikmat film Hongkong sejak tahun 1990an. Saya cukup mempertanyakan motif sutradara Yip yang mengangkat tema serupa pada masa sekarang ini tanpa banyak sentuhan yang inovatif. Satu-satunya yang patut dipuji adalah konsistensi sinematografi tradisional yang disajikan olehnya termasuk kostum dan setting yang otentik.
Dunia nyata dan dunia lain juga ditampilkan secara bergantian dalam tone warna yang berbeda. Sekaligus menegaskan konsep misteri walaupun berbagai penampakan yang dihadirkan tidak menakutkan samasekali. Setidaknya kita masih bernafas lega bahwa film ini tidak terlalu berusaha mengedepankan spesial efek yang tidak meyakinkan.
Penampilan Vanness sebagai Kwong Leung sebetulnya cukup aneh, antara terbelakang mental dan terganggu kejiwaannya. Namun usahanya tergolong aman karena diharuskan memainkan dua karakter sekaligus. Yang menarik adalah kemunculan khusus Law Lan, karakter nenek menyeramkan yang mukanya sudah sangat familiar lewat berbagai franchise horor jaman dahulu.
The Haunting Lover tidak akan terlalu mengesankan bagi kalangan pecinta film masa kini. Arah cerita yang berputar-putar dan berujung pada suatu twist juga tidak terlalu menarik untuk menjaga antusias penonton untuk terus mengikuti sampai akhir. Hanya sebuah kisah cinta segitiga berbau supernatural yang hanya menarik untuk disimak bagi anda yang tengah merindukan film Mandarin bergaya masa silam.

Durasi:
90 menit

Overall:
6 out of 10

Movie-meter:

No comments:

Post a Comment