Wednesday 17 November 2010

DETOUR : Video Online Bertahan Hidup Dari Psikopat Sinting

Tagline:
Your final hour.. Streaming online

Storyline:
Konon film ini diinspirasi dari kisah nyata! Saat mengendarai mobil kembali ke Norwegia, pasangan yang berencana menikah yaitu Martin dan Lina harus menghadapi jalan yang ditutup. Polisi patrol meminta mereka mengambil jalan pintas lain menuju hutan yang sepi dan gelap. Malang tak dapat dipungkiri, ban mobil mereka bocor setelah menerjang balok paku. Martin pun mencari bantuan dari penduduk lokal dan meninggalkan Lina di dalam mobil. Mereka berdua tidak menyadari adanya kamera-kamera yang dipasang di setiap sudut untuk mengamati gerak-gerik mereka. Akankah pasangan ini akan menjadi korban berikutnya dari sang psikopat yang mengintai dari kejauhan?

Nice-to-know:
Thriller berjudul asli Snarveien ini diputar dalam rangkaian festival WILHELM SCREAM yang sejenis dengan iNAFFF.

Cast:
Marte Christensen sebagai Lina
Sondre Krogtoft Larsen sebagai Martin
Jens Hultén sebagai Gunar
Johan Hedenberg sebagai Bosse
Malin King sebagai Lotta

Director:
Merupakan film perdana Severin Eskeland yang berusia 33 tahun ini setelah sebelumnya menggarap beberapa film pendek.

Comment:
Selama beberapa tahun terakhir ini, saya cukup mengenal Norwegia sebagai negara Eropa baru pencetak film horor/thriller yang cukup berkualitas. Lihat saja iNAFFF yang sudah berjalan 4 tahun selalu saja dihiasi karya-karyanya sebut saja Villmark ataupun dwilogi Fritt Vilt alias Cold Prey yang mencekam itu.
Dengan berpuluh-puluh tema yang sudah pernah digarap sebelumnya, lantas apa yang akan disuguhkan Detour? Rupanya kekejian “seorang” psikopat yang mendapat bayaran dengan menyiksa korban-korbannya dan menyiarkannya secara online kali ini dianggap cukup menarik. Hm, rasanya tidak terlalu orisinil karena banyak terdapat penggabungan plot dari film-film aksi ataupun thriller Hollywood sebelumnya.
Bedanya mungkin film ini diangkat dari kisah nyata, itu sebabnya banyak menghadirkan situasi sehari-hari yang seringkali dihadapi kita dan hal yang terburuk memang mungkin saja terjadi. Beberapa adegan sadis ditampilkan oleh sutradara Eskeland dengan teknik dan angle yang cukup baik. Namun sayangnya ia terlalu lama mengekspos yang satu itu sehingga para audiens menunggu dengan tidak sabar sampai dua pertiga durasi film berlalu.
Ketika pada akhirnya, tensi meningkat menuju klimaksnya, sepertiga sisa durasi rasanya tidak cukup untuk menggambarkan semuanya. Keklisean juga terjadi disini saat Marte yang memerankan karakter Lina dengan lumayan baik ini mulai bertransformasi dari pihak yang tertindas lemah sampai memberikan perlawanan.
Endingnya rasanya sudah bisa anda tebak. Namun bagaimanapun juga Detour masih cukup menyenangkan untuk ditonton terutama bagi anda pecinta thriller yang setia mempertahankan elemen-elemen thriller tradisional tetapi selalu bekerja dengan baik untuk menakut-nakuti itu.

Durasi:
75 menit

Overall:
7 out of 10

Movie-meter:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent