Friday 12 November 2010

SKYLINE : Bertahan Hidup Dari Invasi Sinar Biru Alien

Tagline:
Don't look up.

Storyline:
Sinar asing berwarna biru yang membias di atas langit Los Angeles menarik perhatian orang-orang. Tak terkecuali sekelompok sahabat Jarrod, Elaine, Terry, Candice yang tengah merayakan ulang tahun dengan berpesta di unit apartemen mereka. Dalam keadaan setengah mabuk, Ray yang menatap keluar jendela di luar dugaan tersedot sinar tersebut hingga lenyap. Jarrod yang mencari tahu juga nyaris terbawa, beruntung Terry menyelamatkannya. Belakangan mereka tahu bahwa itu adalah invasi alien yang berusaha mengambil alih bumi dengan melenyapkan populasinya terlebih dahulu.

Nice-to-know:
Film ini sepenuhnya diproduksi dan dibiayai oleh Strause bersaudara dengan berlokasi syuting di gedung kondominium mereka di Marina Del Rey, CA.

Cast:
Sebelumnya mendukung Dennis Quaid dan Zhang Ziyi dalam Horsemen (2009), Eric Balfour sebagai Jarrod
Angkat nama lewat serial televisi Scrubs dari tahun 2001, Donald Faison sebagai Terry
Scottie Thompson sebagai Elaine
Brittany Daniel sebagai Candice
Crystal Reed sebagai Denise
Neil Hopkins sebagai Ray
David Zayas sebagai Oliver

Director:
Colin dan Greg Strause selama ini lebih banyak terlibat dalam bidang visual efek. Satu-satunya film yang pernah mereka kerjakan bersama adalah Alien Vs Predator : Requiem (2007) yang sayangnya langsung masuk pasaran DVD.

Comment:
Sudah berpengalaman dalam bidang spesial dan visual efek selama puluhan tahun termasuk dalam The X-Files yang awalnya mengisahkan makhluk lain di galaksi ini membuat Strause Brothers percaya diri membuat film ini hanya dengan bujet 10 juta dollar saja! Semua produksi dari nol ditutup rapat-rapat oleh mereka hingga peluncuran filmnya yang mengambil tanggal baik 12-11-10 dengan harapan akan menarik minat calon penonton. Strategi mereka tidak salah karena orang cenderung penasaran akan film bertemakan invasi alien. Bukankah kita selalu bertanya-tanya adakah kehidupan di luar bumi yang tidak ketahui? Jikapun ada, apakah mereka akan cukup bersahabat untuk hidup berdampingan? Hm, saya tidak akan berpanjang lebar mengenai itu disini.
Intinya alien disini bertujuan buruk, menarik manusia sebanyak mungkin ke dalam kapal induk mereka untuk dijadikan "tentara" (maafkan saya jika ini termasuk spoiler!). Caranya cukup unik yaitu dengan sinar biru yang menggerogoti jiwa hingga tubuh manusia-manusia malang tersebut. Harus diakui cukup inovatif! Dan film ini tidak bercerita mengenai heroisme pihak yang bertahan melawan pihak yang menyerang, melainkan pada sekelompok anak muda yang "hanya" mencoba bertahan hidup, pilihannya dua yaitu berdiam diri dengan bersembunyi di apartemen atau melarikan diri dengan harapan dapat terselamatkan. Dan dilema itulah yang menjadi satu-satunya permasalahan disini.
Gambaran sekelumit jalan cerita tersebut rasanya sudah cukup menjelaskan bahwa sedemikian lemahnya skrip yang ditulis duet Joshua Cordes dan Liam O'Donnell itu. Rasa boring akan menyengat anda lebih dari sepertiga durasi film dengan misi pelarian yang entah mau dibawa kemana. Beruntung Strause Brothers membalutnya dengan spesial/visual efek yang cukup meyakinkan, setidaknya yang tertangkap di layar. Hal itu jualah yang menjelaskan kemana larinya bujet film ini, lebih baik daripada menyewa aktor-aktris ternama dengan bayaran selangit? Toh Balfour, Faison, Thompson dkk juga berakting tidak terlalu jelek walau masih jauh dari kata bagus.
Sebelum penonton menyadari kisah apa yang disodorkan ke hadapan mereka, film ini tiba-tiba ditutup begitu saja dan menyiratkan adanya sekuel di masa mendatang. Rupanya Strause Brothers sangat yakin 10 juta dollar mereka pasti kembali berlipat-lipat untuk modal produksi selanjutnya. Saya sedikit membandingkan Skyline dengan District 9 yang outstanding itu terutama di bagian closingnya, hanya saja masih satu tingkat di bawahnya. Sebuah sains fiksi yang menyuguhkan spesial/visual efek yang lumayan mengagumkan tetapi minus di luar itu. Tetap penasaran?

Durasi:
85 menit

Overall:
7 out of 10

Movie-meter:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent