Friday 26 October 2012

I LOVE YOU, MAS BRO : Drama Nanggung Komedi Garing


Quotes:
Alim: 
Sorry bro, gua gak punya bakat boring kayak loe.

Nice-to-know: 
Film yang diproduksi oleh Rapi Films ini screeningnya diadakan di fX Platinum XXI pada tanggal 23 Oktober 2012 yang lalu.

Cast: 
Andhika Pratama sebagai Bagus
Ramon Y Tungka sebagai Alim
Cecep Reza sebagai Rizky
Tya Ariestya sebagai Alia
Tamara Tyasmara sebagai Max
Joe P-Project sebagai Boss Boss
Bobby Samuel sebagai Vina
Yurike Prastica sebagai Ibu Vivi
Alfie Alfandi sebagai Tanto
Mayang Naomi sebagai Meta
Epy Kusnandar sebagai Notaris

Director: 
Merupakan debut penyutradaraan Raymond Handaya yang sebelumnya lebih banyak bertindak sebagai astrada dan asisten produser.

W For Words: 
Cassandra Massardi boleh dikategorikan sebagai penata skrip yang sukses mengingat sudah nyaris 20 film ditanganinya termasuk yang satu ini. Beragam topik yang saling berkolaborasi mulai dari cinta, keluarga, persahabatan kembali ditampilkan. Namun apakah cukup kreatif untuk setidaknya membuat penonton berpaling dan tertarik menyaksikan drama persembahan Rapi Films ini? Sutradara debutan pun ditunjuk untuk menangani dua aktor yang sudah malang melintang di jagat perfilman nasional selain sederetan aktor-aktris baru yang turut menyemarakkan suasana.

Empat saudara yang kesemuanya laki-laki yaitu Bagus yang juling kala menatap cewek, Alim yang rajin mendatangi masalah, Rizky yang otaknya kurang maksimal, Vina yang kecewek-cewekan hingga kerap berdandan tumbuh bersama sejak kecil. Alim yang lebih dekat dengan adik-adiknya tak jarang menimbulkan kecemburuan dalam diri Bagus. Saat kecelakaan mobil merenggut nyawa kedua orangtua mereka, Bagus dan Alim harus mencari cara masing-masing demi bertahan hidup apalagi seorang mafia misterius dan konco-konconya mulai datang menagih hutang lima ratus juta rupiah.

Satu hal yang paling fatal dalam film ini adalah sisi humor yang coba digali tapi berujung garing. Komedi situasi antar empat bersaudara sudah terlalu sering diperlihatkan sebelumnya dimana sejak awal Bagus, Alim, Rizky dan Vina sudah dikondisikan sesuai karakteristik tipikal masing-masing. Mungkin ini adalah penampilan terburuk Joe P-Project yang biasanya kocak dengan spontanitasnya. Bagaimana tidak, tokoh Bos yang dimainkannya sibuk memberi instruksi bodoh pada anak buahnya atau berbicara dengan burung nuri yang juga didubbing suaranya.

Unsur dramanya pun tidak kuat. Alasan mengedepankan sosok Alim di dalam keluarga tidak berjalan wajar. Ketegaran Bagus, Alim, Rizky dan Vina dalam menjalani hidup setelah kematian orangtuanya juga tidak terlihat bersungguh-sungguh.  Kehadiran Alia, Meta dan Max terkesan sebagai pengalih dari kejenuhan, padahal sosok keduanya sebagai love interest Alim, Bagus dan Vina sebenarnya mampu menghadirkan konflik serius tersendiri andai digali lebih dalam. Penyimpulan berbagai subplot yang berkembang di akhir cerita terbilang instan, lagi-lagi tanpa nyawa yang dibutuhkan.

Begitu banyaknya nama-nama berbakat yang mendukung tidak satupun memberikan kesan yang berarti. Sulit menyebutkan secara pasti salahnya dimana. Skrip? Sutradara? Atau ada faktor lain? Ramon yang umumnya mencuri perhatian, Andhika yang biasanya memiliki karisma tidak jua mampu keluar dari st
ereotype bad boy dan good boy yang melekat pada mereka. Apabila harus memilih, Tya dan Bobby setidaknya masih berakting lumayan dalam menyembunyikan perasaan mereka dalam-dalam sambil tetap berusaha memberikan sinyal kepada orang yang disukai. 

I Love You Mas Bro memang bukan drama komedi hancur lebur. Faktanya, ia masih ada dalam tahap tontonan standar. Lupakan elemen action basa-basi yang kontinuitasnya pantas dipertanyakan itu. Berbagai intrik dan twist yang tertata di sepanjang durasinya sudah bisa diduga dari awal. Itu sebabnya beberapa penonton memilih untuk meninggalkan gedung bioskop lebih dahulu sebelum film benar-benar berakhir. Sebagai ilustrasi, jika melihat dialog yang serba klise dan gagal total dalam bertutur, rasanya anda sudah bisa menerka kesalahan utama ada pada siapa. Sorry to say.. I cannot love you, mas bro!


Durasi: 
99 menit

Overall: 
6.5 out of 10

Movie-meter: