Friday 12 October 2012

GO FOR IT! : Uninspired Dance Flick With Positive Messages



Tagline:
Follow your own beat. 

Nice-to-know:
Film yang diproduksi oleh Go For It! dan Sparkhope Entertainment ini sudah rilis di Amerikat Serikat pada tanggal 13 Mei 2011 yang lalu. 

Cast:
Aimee Garcia sebagai Carmen Salgado
Al Bandiero sebagai Frank Martin
Jossara Jinaro sebagai Loli
Gina Rodriguez sebagai Gina
Louie Alegria sebagai Pablo
Derrick Denicola sebagai Jared
Andres Perez-Molina sebagai Jesse Salgado

Director:
Merupakan debut penyutradaraan bagi Carmen Marron yang juga bertindak sebagai produser dan penulis skrip.

W For Words:
Jika sudah demikian banyak film bertemakan dance yang dibumbui dengan pencarian jati diri, cinta hingga ajang pembuktian lantas apa lagi yang tersisa? Film produksi Go For It! dan Sparkhope Entertainment ini setidaknya masih mencoba setia dengan pakem realita kehidupan remaja masa kini di jaman modern yang semakin keras meskipun didukung oleh muka-muka baru, bukan hanya di jajaran cast tetapi juga produser, penulis dan sutradara yang bukan kebetulan kalau kesemuanya satu nama!

Sesungguhnya Carmen adalah siswi yang cerdas walau berkelakuan buruk. Sang guru, Frank Martin mengetahuinya dan merekomendasikan dirinya mengikuti audisi sekolah dansa formal di California. Permasalahannya, Carmen harus mengikuti kemauan kedua orangtuanya yang menganjurkan pendidikan daripada seni tari underground yang dianggap tidak menjanjikan. Kekasihnya Jared dan sahabatnya Gina selalu setia mendukung Carmen meraih mimpi-mimpinya terlepas dari tantangan terbesar yang dihadapi.

Layaknya Carmen, skrip film ini tampak kebingungan menentukan identitasnya sendiri. Itulah sebabnya mood film ini kerap bergonti-ganti. Plot cerita semacam suasana keluarga besar yang tidak harmonis,  kondisi pembelajaran sekolah yang tidak kondusif, status sosial kekasih yang lebih tinggi, sahabat karib yang bermasalah, penyaluran hobi yang tidak konsisten, pengejaran mimpi yang belum jelas dsb silih berganti muncul. Semua hal tersebut diracik ke dalam paket "drama" komplit berdurasi 87 menit. At this point, you couldn't ask for more.

Sutradara Marron mengemas film dance yang terlihat dari design posternya itu tanpa menonjolkan adegan dance itu sendiri. Segmen yang menunjukkan itu terasa seperti tempelan belaka, bahkan sebagian besar tanpa kehadiran sang tokoh utama! Muncul sebentar dengan koreografi basa-basi lalu diedit secara kasar sebelum berpindah ke adegan lain. Tata musik dari Matthew Llewellyn dan Jack Rayner juga tidak cukup ear-catchy dan memorable apalagi sampai mengajak penonton bergoyang.

Aimee Garcia sudah berupaya semaksimal mungkin membawakan tokoh Carmen sesuai emosi yang diharapkan tapi sayang karakternya tidak terlalu likeable. Sahabatnya Gina dan kekasihnya Jared yang dihidupkan Rodriguez dan Denicola memang cukup mengundang simpati sesuai karakteristik yang telah disetting sedemikian rupa. Sama halnya dengan pemeran guru, Al Bandiero yang berkali-kali mencuri perhatian walau saya berharap ada konklusi tersendiri dari kompleksitas seorang Frank Martin yang sudah dibeberkan sejak menit pertama.

Nyaris tak ada yang tersisa dari Go For It selain 10-15 menit pamungkas terakhirnya yang lumayan inspiratif itu. Saya katakan begitu sebab filmmaker berniat positif mengajak kawula remaja (Amerika Latin pada khususnya) untuk membuat keputusan tegas demi masa depan mereka yang lebih baik. Selebihnya? Inkonsistensi drama tanpa tarian dan musik nan asyik bisa jadi akan membuat anda bosan dan tak jarang merasa dejavu dengan storytelling yang klise. Watch this only if u don't expect a vibrant dance flick like its' predecessor!

Durasi:
105 menit

U.S. Box Office:
$172,687 till May 2012

Overall:
6.5 out of 10

Movie-meter:


Notes:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent