Thursday 18 October 2012

GRABBERS : Enjoyable Creature Horror In Campy Ways


Quotes: 
Dr. Adam Smith: This is something completely different, something alien! In that it's undocumented, not from, you know...  

Nice-to-know: 
Sebelum syuting, sutradara Jon Wright mengajak Richard Coyle dan Ruth Bradley keluar minum dan memfilmkan keduanya saat mabuk. 

Cast: 

Richard Coyle sebagai Garda Ciarán O'Shea
Ruth Bradley sebagai Garda Lisa Nolan
Russell Tovey sebagai Dr. Adam Smith
Bronagh Gallagher sebagai Una Maher
Louis Dempsey sebagai Tadhg Murphy

Lalor Roddy sebagai
Paddy Barrett


Director: 

Merupakan feature film kedua bagi Jon Wright setelah Tormented (2009).

W For Words: 
Produksi keroyokan Forward Films, High Treason Productions, Irish Film Board, Nvizible dan Samson Films ini (lagi-lagi) mengetengahkan serbuan alien dalam wujud sejenis gurita. Ide yang muncul saat penulis skrip Kevin Lehane berkeliling dunia ala backpacker mendengar mitos bahwa memakan sejenis vitamin B yang disebut Marmite dapat menghindari gigitan nyamuk. Kala itulah ia berpikir bagaimana jika nyamuk mabuk setelah menyedot darah manusia. Premis itu kemudian dikembangkan menjadi skenario film Inggris berbujet 4 juta Poundsterling!

Sesuatu dari luar angkasa jatuh di perairan Irlandia yaitu kawanan gurita haus darah yang bisa meneror seantero warga di Pulau Erin. Petugas Garda lokal, Ciaran O’Shea bekerjasama dengan Lisa Nolan berupaya memecahkan misteri tersebut dengan mempelajari makhluk yang hanya bisa bertahan hidup dengan darah dan air itu. Ide gila yang muncul dari si pemabuk O’Shea adalah mengunci warga di bar Marley dan mengadakan pesta minum agar darah mereka terkontaminasi alkohol yang diyakini akan mematikan kawanan makhluk tersebut. Berhasilkah rencana tersebut? 

Harus diakui, gagasan film ini memang what the f*ck alias gila! Sutradara Wright mengeksekusinya dengan pas. Minimnya bujet memang terlihat dari sinematografi Trevor Forrest yang ala kadarnya, mengingatkan anda pada film-film sejenis di tahun 80-90an. Meski demikian intensitas thriller tetap terjaga yang terkadang diselingi oleh komedi situasi yang tidak direncanakan. Visual dan spesial efek  “gurita” jantan dan betina beserta telur-telur dan bayi-bayi mereka setidaknya terlihat meyakinkan di layar, menciptakan teror tatkala dibutuhkan mulai dari cipratan darah hingga kepala menggelinding.

Tokoh-tokoh dalam film ini juga norak dengan keunikan masing-masing. Dr. Adam Smith yang spontan dan pelaut Paddy Barrett yang eksentrik akan membuat kening anda berkerut dengan tingkah mereka. Belum lagi deretan aktor-aktris uzur yang seliweran dengan amat fun nya. Namun perhatian penonton jelas jatuh pada duet Garda yang likeable, O’Shea dan Nolan yang chemistrynya secara pas dihidupkan oleh Coyle dan Bradley. Pada akhir film, anda akan berseru untuk mereka dalam perjuangannya mengalahkan gurita jantan raksasa itu bagaimanapun caranya.

Berbagai referensi  lawas juga dipunyai film ini. Anda akan melihat beberapa homagesbaik dari adegan ataupun percakapan seperti  The War of the Worlds (1953), Jaws (1975), Alien (1979), Gremlins (1984), Tremors (1990) serta yang terbaru Slither (2006). Lupakan kemiripan premis karena unsur alkohol lah yang membuatnya berbeda! Semakin mabuk maka tingkah laku dan celotehan para penghuni pulau di pesisir ini akan semakin tak terduga, semakin membuat anda terpingkal meskipun tak semua lrish jokes tersebut dapat diterima oleh nalar.

Grabbers terbukti setia pada pakemnya yang tidak berusaha ambisius. Jenis hiburan yang sejak awal disetel ke level medium dan berhasil mencapainya dengan baik. Anda boleh menertawakan plotnya, mengolok-olok logikanya, memandang rendah production value nya tetapi pada akhirnya mengakui bahwa sisi hiburan film yang diputar pada Edinburgh Film Festival ini amat memadai. Pesan saya cuma satu, jangan berharap terlalu tinggi. Grab this movie before it’s over. You will know how to get drunk and have some fun moments.

Durasi: 
94 menit

Overall: 
7.5 out of 10

Movie-meter:


Notes:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent