Wednesday 13 June 2012

GET THE GRINGO : Manipulative Gringo In Old West Action Style


Quotes:
Driver: Is this a prison or the world’s shittiest mall?

Nice-to-know:
Anggota tim produksi, Alejandra Cuervo sempat ditugaskan untuk melakukan riset langsung terhadap beberapa tahanan El Pueblito mengenai kondisi internalnya demi kesamaan dalam film.

Cast:
Mel Gibson sebagai Driver
Kevin Hernandez sebagai Anak
Daniel Giménez Cacho sebagai Javi
Dolores Heredia sebagai Ibu
Jesús Ochoa sebagai Caracas
Peter Stormare sebagai Frank
Gerardo Taracena sebagai Ramiro
Tenoch Huerta sebagai Carlos

Director:
Merupakan debut penyutradaraan Adrian Grunberg yang sebelumnya banyak menjadi astrada film-film besar termasuk Apocalypto (2006) untuk Mel Gibson sendiri.

W For Words:
Melihat trailernya, rasa pesimis muncul dalam diri saya. I know I shouldn’t judge the movie by its trailer. Namun menimbang fakta bahwa usia Mel Gibson sudah tak muda lagi untuk berperan sebagai jagoan dalam sebuah film action crime seperti ini, kekhawatiran tersebut cukup beralasan. Namun melihat keberaniannya untuk duduk di kursi produser sekaligus penulis skrip bersama Stacy Perskie dan sang sutradara itu sendiri tentunya bukan sesuatu yang main-main. Sebagian besar syuting yang berlangsung di Mexico menghadirkan warna yang berbeda dari biasanya.

Saat berkendara melarikan sejumlah besar uang melewati perbatasan, Driver tertangkap polisi setempat dan dijebloskan ke penjara “El Pueblito” yang dikelola oleh penguasa Javi beserta saudaranya Caracas dan Carlos. Semua fase kehidupan berjalan wajar disana kecuali hukuman mati jika melarikan diri. Driver akhirnya berjumpa dengan seorang anak cerdas berusia 10 tahun yang amat berarti bagi Javi. Anak itulah yang kemudian mendorong Driver untuk memutar akal demi keluar hidup-hidup sekaligus membawa apa yang menjadi haknya.

Ceritanya sendiri tergolong bukan hal baru, balas dendam yang dilandasi oleh cinta sekaligus uang. Kombinasi aksi baku tembak, ketegangan pelarian yang diselingi dengan unsur komedi hitam yang tergambar dari pertukaran dialog antara Driver dengan tokoh-tokoh di sekitarnya jelas menyenangkan apalagi hadir dalam tempo tinggi. Dunia “El Pueblito” yang suram, kumuh dan depresif akan membawa anda dalam situasi yang tidak nyaman, menyaksikan sebuah masyarakat hidup di dalamnya dengan segala kondisi demikian mungkin membuat anda merasa menjadi manusia paling beruntung.

Gibson sendiri sudah sangat berpengalaman memerankan karakter serupa, terlebih dalam Payback (1999) yang berbeda lokasi. Nama karakter seakan bukan sebuah faktor yang signifikan, Driver di tangannya tetap mematikan dengan segala keahliannya. Tokoh karismatik yang patut mendapat simpati anda karena kemiskinan dan kemalangan yang dialaminya hingga terdampar disana. Giménez Cacho dan Ochoa juga memuaskan sebagai tokoh antagonis, satu stylish keras kepala, satu lagi sopan kejam. Jangan lupakan si kecil Hernandez yang berakting dengan begitu dewasa dan natural.

Cukup mengherankan keputusan Gibson yang namanya besar di Hollywood tapi justru memilih jalur Video On Demand untuk perilisan film yang juga dikenal dengan judul How I Spent My Summer Vacation ini di Amerika. Karakternya yang tangguh dan manipulatif dalam mengobrak-abrik penguasa Mexico adalah hiburan terbaik yang bisa anda dapatkan. Terima kasih pada konstruksi sinematik yang cukup solid dari sutradara Grunberg melalui film berbahasa Spanyol yang kerap mengumbar darah, kekerasan, konten seks hingga kata-kata kotor ini. Kesan chaos ala Barat lawas akan membangkitkan kenangan anda pada judul-judul terdahulu, lengkap dengan typical stereotype where our hero gets the girl and runaway with victory!

Durasi:
95 menit

Worldwide Box Office:
$4,506,115 till June 2012

Overall:
7.5 out of 10

Movie-meter:
 

Notes:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent