Monday 9 April 2012

[REC] 3 : GENESIS Wrong Approach But Pleasant Mixed Ups


Tagline:
Two radically different films from Paco Plaza and Jaume Balagueró.

Nice-to-know:
Diproduksi keroyokan oleh Canal+ España, Filmax, Ono, Rec Génesis A.I.E., Televisió de Catalunya (TV3) dan Televisión Española (TVE).

Cast:
Leticia Dolera sebagai Clara
Diego Martín sebagai Koldo
Javier Botet sebagai Niña Medeiros
Àlex Monner sebagai Adrián
Mireia Ros sebagai Menchu

Director:
Paco Plaza melanjutkan apa yang sudah dimulainya dalam [Rec] (2007) dan [Rec] 2 (2009).

W for Words:
Film yang sempat diputar pada ajang South by Southwest Film Festival di USA pada tanggal 9 Maret 2012 yang lalu ini merupakan episode lain dari [Rec] (2007) yang fenomenal tersebut hingga diremake oleh Hollywood menjadi Quarantine (2008). Masih dari tangan pionir yang sama yaitu Paco Plaza, ia bersama penulis skrip lainnya yakni Luiso Berdejo kini menghadirkan drama thriller horor yang bersetting di sebuah acara pernikahan.
Clara dan Koldo yang saling mencintai sepakat untuk menikah dalam resepsi sederhana sepanjang hari yang dihadiri oleh keluarga, kerabat dan sahabat dekat mereka. Ketika paman Victor yang tengah sakit menyerang tamu wanita tua, infeksi mulai menjalar dari satu orang ke orang lain. Kepanikan melanda hingga memisahkan Clara dan Koldo yang sama-sama berjuang untuk bertemu kembali sekaligus mempertahankan nyawa masing-masing dari serangan zombie ganas membabi buta.

Jika anda mengharapkan trademark [Rec] dalam installment ketiganya ini bisa jadi kecewa karena konsep camcorder handheld yang “biasa” diusung oleh sutradara Paco Plaza cuma bertahan selama 22 menit pertama lewat sudut pandang sang videografer pernikahan profesional. Selebihnya tidak berbeda dengan film zombie kebanyakan dimana sinematografi konvensional tersaji dalam narasi linier yang pada akhirnya mengambil kejadian sebelum film pertama.
Tak dinyana, Diego Martin dan Leticia Dolera merupakan pasangan protagonis yang mudah disukai penonton. Keduanya elok dan terlihat saling mencintai. Usaha mereka untuk tetap selalu bersama akan menggugah simpati dan geregetan secara bersamaan. Perlawanan yang akhirnya dilakukan terhadap zombie bisa jadi mengundang tepuk tangan riuh audiens, lihat bagaimana Koldo melengkapi dirinya dengan baju besi dan pedang yang dipinjamnya dari makam atau Clara bertransformasi menjadi bridezilla dengan gergaji listrik di tangannya. Epic!

Tidak mudah memang untuk menggabungkan unsur komedi, horor dan romantika sekaligus. Humornya sedikit lebih dominan tapi terasa predictable sehingga kelucuannya tidak maksimal. Horornya masih mengandalkan make up dan darah yang cukup efektif. Sedangkan romantikanya terkesan naïf dan sarkastik meski lumayan berhasil menjaga tensi yang diinginkan. Sesungguhnya saya berhasil dipuaskan oleh [Rec] 3 ini sehingga ingin memberinya nilai 7.5. Namun seiring hilangnya gaya mockumentary kuat dari franchise [Rec] membuat saya harus menurunkannya satu bar. Still a pleasant presentation from a bunch of zombies who trying to ruin sweet Latinos couple’s big day!

Durasi:
80 menit

Overall:
7 out of 10

Movie-meter:


Notes:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent