Wednesday 7 December 2011

MR. IDOL : Kisruh Formasi Baru Grup Idola

Quotes:
Mr. Children: We are rebel without a cause, betray with a case


Storyline:
3 tahun lalu, eksekutif musik Gu Ju meninggalkan Korea Selatan setelah kematian Ji Hoon vokalis band idola Mr. Children. Sekembalinya di tanah air, Gu ditawari Hee-Moon yang mengelola agensi bakat baru Star Music untuk membentuk sebuah grup pria yang memenuhi standar. Mantan anggota Mr. Children yaitu Hyun-Ji, Jio dan Ricky berkumpul kembali hingga akhirnya diputuskan Eugene sebagai vokalis baru yang terpilih dari sebuah audisi. Namun apakah kembalinya Mr. Children ke kancah musik Korea semudah membalikkan telapak tangan?

Nice-to-know:
Syuting Mr Idol dimulai pada tanggal 28 Februari 2011 di Universitas Hongik, Seoul sampai berakhir pada tanggal 9 Juni 2011 di Han River Bridge.

Cast:
Park Ye Jin sebagai Gu Ju
Woo Ji Hyun sebagai Eugene
Jay Park sebagai Jio
Jang Seo Won sebagai Hyun Yi
Kim Randy sebagai Gi Ki
Kim Soo Ro sebagai Moon Hee

Director:
Ra Hee Chan

Comment:
Invasi Korean Pop boleh dibilang sudah melanda benua Asia selama beberapa tahun terakhir. Baik solois maupun grup musik pria dan wanita sekalipun berlomba-lomba unjuk gigi dengan tembang-tembang andalan yang rata-rata upbeat dengan dukungan koreografi yang dinamis hingga nama mereka dikenal luas. Itulah sebabnya produser Kim Sung-Chul jeli melihat peluang ini dan menjadikannya premis drama komedi musikal terbaru negeri ginseng ini.
Seperti telah diperkirakan sebelumnya, keahlian menyanyi dan menari kuartet Woo Ji Hyun, Jay Park, Jang Seo Won dan Kim Randy lah yang paling diutamakan selain penampilan lahiriah mereka yang sudah dari sononya itu. Beruntung masih diceritakan proses “jatuh bangun” latihan keras dan pembentukan karakter masing-masing sesuai masa lalunya sebelum menuju tingkat tersebut sehingga konsep mencetak bintang secara instan dapat dihindari kali ini.
Sutradara Ra dengan cerdas memadukan konsep musikal dan drama secara pas. Bagaimana aksi panggung dari para idola tersebut dapat disorot dari berbagai arah menyajikan sebuah pertunjukan yang memikat. Belum lagi babak kehidupan yang dialami oleh masing-masing personil berikut produsernya sendiri itu juga dikisahkan tidak berlebihan walau kesan kemonotonan sulit dihindari karena riak konflik yang tidak sampai memuncak.

Lagu Summer Dream memang layak dijadikan jualan utama karena liriknya yang bagus dan musiknya yang catchy. Diulang berkali-kali di sepanjang filmpun anda akan tetap tergelitik untuk mendengar dan bergoyang bersamanya. Selain itu hit-hit Missing U, Remember, I Will Get U, Shall We Kiss, Yes It Is!, Believe dari Wonder Boys, NAVI dsb juga menjadi nilai tambah tersendiri. Bahkan rasanya album soundtracknya bisa menjadi collectible item yang patut anda miliki.
Mr Idol memang belum sempurna sebagai sebuah film. Plot ceritanya tergolong datar di samping faktor penyelesaiannya yang sangat ngepop itu. Festival Musik yang menjadi babak pamungkas yang dituju juga esensinya tidak ditampilkan secara utuh. Namun setidaknya mereka membuktikan bahwa kedigdayaan propaganda musisi Korea yang mencerminkan semangat dan optimisme tinggi demi menghibur para penggemarnya secara total.

Durasi:
114 menit

Overall:
7 out of 10

Movie-meter:


Notes:
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent