Friday 24 September 2010

THE LAST EXORCISM : Pengusiran Setan Gadis Belia Bermasalah

Tagline:
Believe In Him

Storyline:
Pendeta Cotton Marcus sepakat merekam momen pengusiran setan terakhirnya di pertanian keluarga Sweetzer yang terletak di pedesaan Louisiana, Baton Rouge. Produsernya Iris dan kameraman bernama Daniel selalu siap menangkap setiap adegan yang melibatkan Cotton. Namun kali ini Cotton tidak menghadapi kasus pengusiran setan biasa. Ia dihadapkan pada gadis 16 tahun, Nell yang seringkali kehilangan kendali dirinya. Belum lagi kehadiran ayah dan kakak kandung Nell yakni Louis dan Caleb yang protektif dan temperamen. Bagaimana iman dan kepercayaan diri Cotton mengatasi semua itu?

Nice-to-know:
Film ini hanya berbujet 1,8 juta dollar dan dikirim ke teater dengan kode "Scrutiny".

Cast:
Menggunakan nama-nama yang belum ternama sama sekali.
Patrick Fabian sebagai Cotton Marcus
Ashley Bell sebagai Nell Sweetzer
Iris Bahr sebagai Iris Reisen
Louis Herthum sebagai Louis Sweetzer
Caleb Landry Jones sebagai Caleb Sweetzer
Tony Bentley sebagai Pastor Manley

Director:
Film panjang kedua yang disutradarai oleh Daniel Stamm setelah A Necessary Death (2008).

Comment:
Tanpa ekspektasi apapun saya menyaksikan film ini seperti halnya kemunculan tiba-tibanya di cinepleks 21 tanpa banyak pemberitaan terlebih dahulu. Menit-menit awal sudah memperlihatkan bahwa ini adalah sebuah film bergaya dokumenter dengan menggunakan kamera tangan. Tema yang diangkat tergolong tidak baru tetapi mampu dicampur dengan ide-ide segar yang belum tersentuh sebelumnya oleh film-film sejenis. Selama 30 menit pertama anda akan dijamu oleh nuansa komedik yang seakan didesain untuk mengolok-olok scene legendaris dari horor lawas. Kengerian sendiri baru muncul setelah setengah perjalanan film yang terus terang sangat terbantu oleh lighting yang menentramkan mata dan sound yang menyayat-nyayat telinga.
Dua nama yang outstanding disini adalah aktor televisi Fabian yang mempotretkan karakter pendeta dengan sangat manusiawi juga Bell yang memvisualisasikan karakter gadis kesurupan dengan sorot mata, mimik dan gesture yang mengerikan. Sutradara Stamm tergolong sukses memaksimalkan bujet sangat rendah menjadi sebuah tontonan menarik.
Jika anda pecinta film pengusiran setan semacam The Exorcist dengan segala sekuel prekuelnya dan film hantu bergaya dokumenter semacam Blair Witch Project, The Last Exorcism bisa jadi pilihan tepat mengingat originalitas plot dan open ending yang sangat twisted itu. Namun kubu yang tidak menyukai dua judul yang baru saya sebutkan akan sulit jatuh cinta dengan film ini dan merasakan kebosanan dan kebingungan yang luar biasa sepanjang durasi film. Saya sendiri berada di pihak tengah dan akhirnya memberikan skor demikian. Pesan saya, pikir dua kali sebelum menebak dimana film ini akan berakhir dan buat konklusi sendiri untuk didiskusikan bersama dengan teman menonton anda.

Durasi:
85 menit

U.S. Box Office:
$38,062,322 till mid Sept 2010.

Overall:
7 out of 10

Movie-meter:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent