Monday 20 September 2010

LEAP YEAR : Melamar Pria Idaman Tahun Kabisat

Quotes:
Anna-You fried my blackberry
Declan-You fried the whole village!

Storyline:
Berkarier sebagai penata apartemen, Anna Brady berharap-harap cemas saat kekasihnya yang kardiologis, Jeremy mengajak makan malam di restoran mewah yang diduga akan melamarnya. Namun harapan sirna karena Jeremy hanya membelikannya giwang dan berencana melakukan dinas ke Dublin. Mendengar ada tradisi di Dublin dimana seorang wanita bisa melamar pria setiap tanggal 29 Februari alias tahun kabisat, Anna nekad terbang kesana. Sayangnya karena cuaca buruk, ia mendarat di Wales dan penerbangan ke Dublin terpaksa ditutup. Mencari cara untuk pergi kesana, Anna malah berjumpa pemuda setempat, Declan yang setuju mengantarnya dengan sejumlah bayaran. Perjalanan panjang itu membuat dua orang asing tersebut saling mengenal. Benarkah Jeremy merupakan jodoh yang dinantikan Anna sesungguhnya?

Nice-to-know:
Bar Declan yang bernama "Caragh" dalam bahasa Gaelic berarti "Tersayang".

Cast:
Karir akting layar lebarnya dimulai lewat Drop Dead Gorgeous (1999) dan Amy Adams disini kebagian peran Anna Brady, wanita mandiri yang menginginkan cinta yang stabil dalam hidupnya.
Angkat nama setelah berduet dengan Mandy Moore dalam Chasing Liberty (2004), Matthew Goode bermain sebagai Declan, pemuda cuek yang tidak terlalu mempercayai kekuatan cinta.
Beberapa kali mendukung serial teve ternama seperti E.R, NYPD Blue, Party Of Five dsb membawa Adam Scott mendapatkan karakter Jeremy yang ambisius dan praktis.

Director:
Anand Tucker memulai debut penyutradaraannya lewat Saint-Ex (1996).

Comment:
Entah sudah beberapa banyak komedi romantis yang memanfaatkan Inggris Raya dan sekitarnya sebagai latar belakang? Harus diakui suasana, view dan tradisinya sangat kuat sehingga tidak heran menyimpan daya tarik tersendiri untuk sebuah percintaan. Film ini adalah salah satunya dan Tucker yang sebenarnya belum banyak berpengalaman sebagai sutradara berjudi cukup aman disini dengan memanfaatkan formula-formula baku nan standar.
Dari segi cast pemasangan Adams dengan Goode terasa sedikit miscasting, belum lagi ditambah kehadiran Scott yang terkesan melengkapi saja. Mengapa saya katakan demikian? Adams merupakan salah satu newest America’s sweetheart yang pernah sukses dengan genre sejenis belakangan ini, lihat daya tarik kecerobohan yang jenaka dan kenaifannya yang menggemaskan disini. Sedangkan Goode hanyalah satu dari sekian aktor Inggris yang belum berhasil di Amerika. Namun toh keduanya berbagi chemistry yang cukup menyenangkan disini.
Plot penemuan pelabuhan hati yang lain saat menunggu kepastian cinta dari sang kekasih kembali dibentangkan menjadi konflik yang harus diselesaikan. Proses ke arah sana seringkali melibatkan riak pertengkaran, penolakan, kebimbangan dan kesalahpahaman. Itulah yang akan selalu dinantikan penonton penyuka genre ini terutama wanita. Dan Leap Year yang mengangkat tradisi unik tahun kabisat ini tetaplah sebuah hiburan yang manis dan nyaman untuk dinikmati tanpa banyak embel-embel yang berlebihan. Bukankah cinta memang harus seperti itu?

Durasi:
95 menit

U.S. Box Office:
$25,893,485 till end of Feb 2010.

Overall:
7.5 out of 10

Movie-meter:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent