Saturday 25 September 2010

RESIDENT EVIL : AFTERLIFE Perjalanan "Kompleks" Pencarian Arcadia

Quotes:
Alice-My name is Alice. I had worked for the Umbrella Corporation. Five years ago, the T-Virus escaped, and everybody died. Trouble was... they didn't stay dead.

Storyline:
Ketika seluruh dunia sudah terinfeksi virus mematikan akibat ulah Umbrella Corporation, Alice melanjutkan perjalanannya untuk mencari sesamanya yang masih bertahan hidup sekaligus menempatkan mereka semua ke tempat teraman. Dan tanpa diduga, Alice berjumpa Claire yang disangkanya sudah tiada. Mereka berdua tiba di Los Angeles dan bertemu dengan beberapa orang yang selamat yaitu Luther dkk dan tawanan mereka, Chris yang misterius. Gerombolan baru ini akhirnya sepakat menerobos kawanan zombie dan bertekad menemukan suatu tempat bernama Arcadia. Berhasilkah mereka?

Nice-to-know:
Subjudul Afterlife sempat dipertimbangkan untuk dipakai pada seri ketiganya sebelum diputuskan Extinction.

Cast:
Setelah Extinction, Milla Jovovich sempat membintangi 2 film di tahun 2009 yaitu A Perfect Gateway dan The Fourth Kind sebelum kembali dalam peran Alice.
Ali Larter sebagai Claire Redfield
Wentworth Miller sebagai Chris Redfield
Kim Coates sebagai Bennett
Shawn Roberts sebagai Albert Wesker
Sergio Peris-Mencheta sebagai Angel
Spencer Locke sebagai K-Mart
Boris Kodjoe sebagai Luther

Director:
Nama Paul W.S. Anderson mulai dikenal setelah mengadaptasi game ternama Mortal Kombat ke dalam film layar lebar di tahun 1995.

Comment:
My name is Alice.. Kalimat opening yang sudah berulang kali didengungkan dan ingatan saya langsung melayang pada ketiga prekuelnya sekaligus membuat saya berpikir apa saja yang akan ditawarkan di episode keempat kali ini. Dan dugaan tersebut tidak salah, Afterlife kembali mengulang plot yang sama dengan setting yang berbeda. Beberapa adegan pada opening bahkan mengingatkan kita pada I Am Legend dimana Will Smith mendengar broadcast news akan suatu tempat evakuasi yang aman dan berusaha mencarinya dengan harapan menemukan sesama manusia yang masih hidup. Memasuki pertengahan barulah interaksi Alice dengan Claire ataupun Luther cs menjadi suguhan yang menyenangkan. Tentu saja harus ada korban baru yang berjatuhan bukan? Munculnya zombie jenis baru dengan monster dari dalam mulut turut memperkaya khasanah sekuel ketiganya ini.
Entah usaha menarik minat pasar Asia disengaja atau tidak tetapi prolog yang mengisahkan branch Umbrella Corporation yang bersetting di Tokyo terasa sedikit dipaksakan apalagi kemudian muncul beberapa nama ternama dari sana termasuk biduanita Mika Nakashima. Pada scene ini, aksi Alice-Alice sangatlah over the top dan menurut saya akan menjadi bagian favorit para fans RE.
Overall, Resident Evil : Afterlife samasekali tidak menawarkan sesuatu yang baru. Masih dibungkus dengan cerita yang dangkal dan tidak eksis tetapi tetap dibekali dengan visualisasi yang menakjubkan, lebih karena ditambahkan elemen 3D di dalamnya. Ini adalah sekadar hiburan belaka bagi para pecinta franchise RE tetapi tidak untuk saya. Open ending juga menyiratkan akan ada terusannya lagi dan lagi. Sangat melelahkan membayangkannya..

Durasi:
95 menit

U.S. Box Office:
$43,893,958 till mid Sept 2010.

Overall:
6.5 out of 10

Movie-meter:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent