Saturday 8 December 2012

TALAASH : Unconventional Gripping Thriller In Slow Pace


Tagline:
The Answer Lies Within

Nice-to-know: 

Aamir Khan sempat menjalani latihan renang selama tiga bulan untuk beberapa adegan spesifik untuk film ini.

Cast: 
Aamir Khan sebagai Surjan Singh Sekhawat
Kareena Kapoor sebagai Rosy
Rani Mukerji sebagai Shreya Bondre
Nawazuddin Siddiqui sebagai Tehmur
Raj Kumar Yadav sebagai Devrath Kulkarni


Director: 
Merupakan film kedua bagi Reema Kagti setelah Honeymoon Travels Pvt. Ltd. (2007).

W For Words: 
Sedianya sebuah thriller yang baik sudah mempersiapkan “kejutan manis” di akhir cerita. Apakah hal serupa berlaku untuk Bollywood? Tentu saja. Di tahun 2012 ini, Kahaani telah membuktikannya, setidaknya menurut anggapan sebagian besar orang yang telah menyaksikannya. Produksi terbaru Aamir Khan Productions dan Excel Entertainment dengan genre sejenis ini jelas menjual nama Aamir Khan yang bertindak sebagai produser dan aktor utamanya. Tambahan lagi dua aktris papan atas Kareena Kapoor dan Rani Mukerji. Who dare to miss this?

Aktor Armaan Kapoor tewas dalam kecelakaan misterius. Inspektur Surjan Singh Sekhawat ditugaskan untuk menyelidiki kasus itu bersama rekannya Devrath Kulkarni. Padahal Surjan baru saja pindah ke Mumbai bersama istrinya Shreya Bondre demi melupakan kematian putra mereka satu-satunya, Karan yang tenggelam di lautan. Tetangga baru mereka, Franny yang juga cenayang berupaya melepaskan kesedihan melalui komunikasi tulisan dengan Karan. Surjan yang tidak percaya memilih pergi dan bertemu dengan pelacur Rosy yang dapat memberi titik terang pada kasus yang dikerjakannya. 

Kolaborasi Reema Kagti dan Zoya Akhtar dalam skrip ini mengambil waktu sebanyak yang dibutuhkan untuk memperkenalkan karakternya. Perlahan penonton diajak menyelami visi dan misi masing-masing sambil merajut benang merah cerita menjadi satu konklusi utuh. Plot yang terkesan simpel lantas menjelma menjadi teka-teki rumit dengan berbagai kemungkinan di setiap tikungannya. Dialog buah pikiran Farhan Akhtar juga terbilang jitu dalam menerjemahkan multi konflik yang ada sehingga anda akan merasa dekat dengan semua tokoh dalam film ini.

Kagti yang juga menjabat sebagai sutradara sukses menjaga misteri dan ketegangan hingga akhir melalui narasi lambat penuh suspensi. Nuansa Kamathipura yang suram dan klastrofobik serta Mumbai yang gelap dan misterius dihadirkan sebagai panggung bercerita yang sempurna untuk membangun mood. Sinematografi dari KU Mohanan terkesan surealis dengan warna pucat yang mengaburkan batas mimpi dan kenyataan. Berpadu padan dengan musik campuran klasik, jazz dan elektronika dari Ram Sampath plus lirik memikat milik Javed Akhtar. 

Aamir terampil menerjemahkan kedalaman emosi suami yang didera rasa bersalah sekaligus kesigapan inspektur polisi yang penuh wibawa. Keinginannya untuk move on kerap bertentangan dengan kata hatinya sendiri. Rani cekatan menjiwai sosok istri yang depresi dan ibu yang putus asa menghadapi masalah bertubi-tubi. Kareena sendiri mampu mencuri perhatian di tiap kemunculannya melalui sosok pelacur cantik glamor berbusana seksi nan seronok. Pendatang baru Siddiqui menegaskan talentanya sebagai si pincang Tehmur yang menyimpan berbagai rahasia.

Talaash jelas membutuhkan kesabaran tinggi dan konsentrasi penuh untuk mengikutinya dari menit ke menit agar tidak ketinggalan petunjuknya. Percayalah usaha anda selama lebih dari dua jam itu sebanding dengan endingnya yang memukau. Memang tidak sulit ditebak bagi penggemar thrillersejati tapi upaya filmmaker untuk keluar dari pakem standar patut diapresiasi apalagi sampai mengalihkan perhatian penonton berkali-kali tanpa kehilangan kemudi. Thumbs up for the great performances and two thumbs more for the script itself because writing and making thrillers is never easy.

Durasi: 
139 menit 

U.S. Box Office: 

$1,638,706 in opening week early Dec 2012 

Overall: 

8 out of 10

Movie-meter:

Notes:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent