Friday 7 December 2012

ASSASSINS : Character Study Over Action Sequences About Cao Cao


Quote:
Ling Ju: Selama harapan itu masih ada, tak akan bisa membunuh kita.

Nice-to-know:
Film yang diproduksi kolaborasi oleh Changchun Motion Picture Studio, Enlight Pictures dan Le Vision Pictures ini sudah tayang di China pada tanggal 26 September 2012 yang lalu.

Cast:
Chow Yun-Fat sebagai Cao Cao
Liu Yifei sebagai Gong Ling Ju
Hiroshi Tamaki sebagai Mu Shun
Alec Su sebagai Emperor Xian
Annie Yi sebagai Empress Fu Shou
Qiu Xinzhi sebagai Cao Pi
 


Director:
Merupakan debut penyutradaraan Zhao Linshan.

W For Words: 
Superstar Hongkong, Chow Yun-fat memang telah menua selama satu dekade terakhir. Pria bernama Mandarin “Aman” ini di usia ke-57 mendapat kepercayaan memerankan tokoh antagonis legendaris Cao Cao dalam film yang sedianya berjudul Bronze Sparrow Terrace ini. Mungkin faktor komersil dan familiar yang akhirnya melahirkan judul The Assassins. Kabar baiknya distributor Well Go USA telah membeli hak rilis untuk Amerika Utara dari Arclight Films yang juga sudah menjual film-film produksi Asia lainnya seperti Hua Mulan, The Four hingga Dangerous Liaisons.  

Periode Sam Kok, Cao Cao sang Perdana Menteri Dinasti Han melebarkan sayap ke Timur demi mengalahkan pejuang terbaik daratan China, Lv Bu. Beberapa tahun kemudian ia dinobatkan sebagai Raja Wei dan membangun Pulau Gagak Perunggu untuk menegaskan kekuatannya. Sementara itu pasangan muda Mu Shun dan Ling Ju diambil dari penjara untuk dilatih sebagai pembunuh di kuburan tersembunyi selama lima tahun. Putra Cao Cao dan para pengikutnya lantas mendesaknya untuk segera maju sebagai Kaisar baru terlepas dari berbagai pihak yang menentangnya. 

Berbeda dengan dwilogi Red Cliff (2008-2009) yang lebih menonjolkan aksi, skrip milik Wang Bin dan Wang Hailin ini memang lebih mengedepankan  kerapuhan fisik dan mental seorang tokoh sejarah.  Sayangnya romantika Mu dan Ling terkesan tempelan belaka, tidak mampu memperkuat plot utamanya. Sutradara debutan Zhao Linshan dibantu sinematografer handal Zhao Xiaoding untungnya masih terampil menyuguhkan visual ciamik termasuk saat para pembunuh meretas jalan dari tali di udara selain detail setting yang begitu indah sebagai panggung bercerita.

Yun-fat kembali dengan peran serupa dalam The Curse of the Golden Flower (2006). Karismanya terasa kuat meski dengan usaha minim sekalipun. Bayangkan jika ia benar-benar ambil bagian sebagai Cao Cao dalam Red Cliff 1 & 2. Yifei tergolong aman dalam menghidupkan Ling, dedikasinya tak jarang bertentangan dengan suara hatinya sendiri. Hiroshi berhasil memaksimalkan karakter Mu terlepas dari sedikitnya eksplorasi skenario. Alec Su sukses menjiwai Kaisar Xian yang selalu merasa tak bersalah atas apapun yang telah dilakukannya

Assassins terbukti menitikberatkan pada pembelajaran antar karakternya dibandingkan sekuens aksi yang biasanya melibatkan kekerasan dan pertumpahan darah. Kelemahannya adalah penempatan sisi emosional yang terasa miss di setiap bagian sehingga atensi penonton seakan terbagi dari satu subplot ke subplot lainnya. Ini adalah interpretasi “lain” dari Zhao yang patut diapresiasi dan masih dapat dinikmati sebagai sebuah film tapi tidak akan disambut meriah oleh kalangan moviegoers yang keburu merasa jenuh dengan tema sejenis dalam presentasi yang tak terkoneksi dengan baik.

Durasi:
107 menit

Overall: 
7 out of 10

Movie-meter:

Notes:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent