Sunday 15 July 2012

ICE AGE 4 : CONTINENTAL DRIFT Familiar Adventure Forgetable Additional Series

Quotes:
Peaches: So tell me, when exactly will I be allowed to hang out with boys?
Manny: When I'm dead. Plus three days, just to make sure I'm dead.

Nice-to-know:
Awalnya film berjudul Ice Age: Th4w dimana bercerita seputar Manny, Sid, Diego, Ellie dan Scrat yang membeku sebelum dicairkan di museum masa kini.

Cast:
Ray Romano sebagai Manny
Seann William Scott sebagai Crash
Queen Latifah sebagai Ellie
Denis Leary sebagai Diego
John Leguizamo sebagai Sid
Peter Dinklage sebagai Captain Gutt
Wanda Sykes sebagai Granny
Jennifer Lopez sebagai Shira
Keke Palmer sebagai Peaches
Josh Gad sebagai Louis


Director:
Mike Thurmeier melanjutkan karya penyutradaraannya di installment ketiga dengan menggandeng debutan Steve Martino.

W For Words:
Saya merupakan salah satu penggemar berat franchise animasi Ice Age di samping Shrek dan Toy Story. Ketiga seri sebelumnya cenderung memuaskan meski kekhawatiran sempat muncul dalam benak jika installment keempatnya ini akan kehabisan energi. Michael Berg yang juga menulis seri 1 dan 3 nya kali ini kembali menggandeng Jason Fuchs yang lebih dikenal sebagai aktor televisi untuk menulis skrip bersama. Jangan ketinggalan film pendek The Simpsons yang berjudul “The Longest Daycare” sebagai menu pembukanya yang amat memikat itu.

Dunia seakan terbelah, memecah benua menjadi dataran-dataran terpisah. Manny, Diego dan Sid harus bertualang sekali lagi menggunakan potongan es sebagai kapal, mencari jalan kembali pada keluarga masing-masing. Perjalanan yang semula mulus itu lantas dihempas badai sebelum menghadapkan mereka pada kawanan bajak laut yang diketuai oleh Kapten Gutt sebagai pemilik ambisi penguasa lautan. Sid yang didampingi neneknya, Diego yang jatuh cinta pada Shira harus mendukung Manny bertemu dengan Ellie dan putri keduanya yang beranjak remaja, Peaches.

Kemunculan Scrat seperti biasa dinantikan sebagai penyeimbang yang fresh. Adegan pembuka yang memperlihatkannya mengacaukan “bumi” terbilang hilarious meski harus mengabaikan korelasi waktu itu sendiri, apakah benar ia dan Manny cs berada pada jaman yang sama? I don’t think so. Adegan penutup yang mempertontonkan keserakahannya akan biji kenari merupakan pesan moral yang patut diingat baik anak-anak maupun orang dewasa sekalipun. Yes, Scratlantis is one super idea, not to giving away a lot of spoilers here.

Terus terang petualangan yang dilalui Manny, Diego dan Sid tidaklah sekuat pada seri sebelumnya. Hal ini mungkin disebabkan karena banyaknya kemiripan elemen dengan film yang sudah-sudah, sebut saja Kapten Gutt dan Sirene yang mengingatkan anda pada Blackbeard dan Syrena dalam franchise Pirates of the Caribbean. Tidak dijelaskan apa yang melatarbelakangi aksi bajak laut yang tiba-tiba muncul tersebut. Romantika Diego dan Shira juga tidak tergali dengan baik, tidak seperti Louis dan Peaches yang mengajarkan bahwa perbedaan tak sewajarnya mengganggu persahabatan.

Animasinya sendiri masih tergolong berisi dan penuh warna sebagai penyokong karakter-karakter baru maupun lama yang variatif itu. Efek 3D nya lumayan mendukung walau tidak sampai megah sekali. Adegan badai dan tornado di laut serta pertempuran di akhir yang melibatkan si paus Precious mampu mencuri perhatian anda yang mungkin sudah mulai bosan dengan plot yang itu-itu saja tanpa kejutan berarti. Sayangnya tidak dibarengi oleh penerapan humor menggigit yang masih labil, dalam arti terkadang berhasil, terkadang tidak.

Ice Age 4 : Continental Drift lebih terasa sebagai pelengkap saja terhadap keseluruhan seri tanpa mampu menandingi kualitas tiga episode sebelumnya yang benar-benar mengikatkan penonton pada karakter-karakternya tersebut. Tidak ada tikungan yang berarti untuk membangkitkan excitement anda yang terjaga di level standar. It’s fairly plain for adults but still enjoyable for kids despite its fun ride for such new adventure. Film ini jelas hanya diperuntukkan bagi anda yang kangen dengan Manny cs dan sekadar ingin bernostalgia dengan kondisi jaman es yang imajinatif tersebut. Well, I do hope this will be the last installment from Fox before gets ugly.

Durasi:
94 menit

U.S. Box Office:
$46,000,000 in opening week mid July 2012

Overall:
7.5 out of 10

Movie-meter:

Notes:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent