Monday 12 March 2012

LONDON PARIS NEW YORK : Beautiful View Get Along Romance


Quotes:
Lalitha: Apa kau tahu berciuman jauh lebih higienis daripada berjabat tangan?

Nice-to-know:
Diproduksi oleh Rose Movies dan sudah rilis di India tanggal 2 Maret 2012 yang lalu alias seminggu lebih cepat dari Indonesia.

Cast:
Ali Zafar sebagai Nikhil Chopra
Aditi Rao Hydari sebagai Lalitha Krishnan
Eric Geynes sebagai Dominic
Judith Musil sebagai Cherie

Director:
Merupakan debut penyutradaraan Anu Menon yang juga menulis naskahnya sendiri.

W for Words:
Membaca premis film ini otomatis ingatan anda akan melayang pada One Day (2011) yang dibintangi oleh pasangan manis Anne Hathaway dan Jim Sturgess mengenai perjalanan sepasang muda-mudi yang saling mencinta dalam melintasi rentang waktu. Jika David Nicholls memulainya dari 1988 tanpa penjelasan lokasi secara detail maka Anu Menon memilih tahun 2005 dengan mengambil setting tiga kota paling tenar di benua Eropa sana.
Nikhil Chopra bertemu Lalitha Khrishnan di bandara London. Keduanya memang bertolak belakang secara kepribadian tapi tidak menyembunyikan ketertarikan satu sama lain. Janji yang tak ditepati serta nasib yang mengarahkan jalan lain membuat mereka sulit untuk bersama. Meski demikian kesempatan berjumpa kembali di Paris hingga New York bertahun-tahun kemudian bisa jadi membangkitkan kenangan sekaligus merajut kembali perasaan yang tak kunjung padam.

Aktor anyar Ali Zafar benar-benar menyita perhatian disini. Sosok Nikhil yang ambisius dan tidak mengenal aturan dalam hidup berhasil dijiwainya dengan baik. Pesona wajah dan posturnya semakin lengkap dengan kemampuannya menyanyikan beberapa lagu yang ditulis dan diaransemennya sendiri! Aditi Rao Hydari juga terlihat manis dalam menghidupkan tokoh Lalitha yang naïf dan sangat terencana. Transformasinya dari gadis baik-baik di Inggris menjadi wanita matang di Perancis juga terlihat jelas sehingga memberikan aksen yang samasekali berbeda dalam menerjemahkan suasana hatinya.
Anu Menon pantas diacungi jempol atas usaha kerasnya memainkan multi peran kali ini. Meskipun dialognya masih kurang konsisten, sebagian menarik, sisanya membosankan tetapi penerjemahan konfliknya tergolong mulus dengan bantuan narasi sederhana di beberapa bagian. Pemilihan setting lokasi LPNY juga terasa pas menghadirkan perbedaan suasana yang mengalirkan chemistry hangat di antara kedua tokoh utama. Keputusannya memangkas film menjadi kurang dari dua jam juga terbilang tepat sehingga tidak berlarut-larut menyeret permasalahan yang tidak perlu.

London Paris New York terlepas dari kemiripan dengan berbagai judul Hollywood sebelumnya (Before Sunset, When Harry Meet Sally dsb) tetap merupakan hembusan angin segar bagi industri perfilman Bollywood. Presentasi realistis yang melingkupi kaum urban ini amat mungkin terjadi dimana saja. Saya pribadi merasa dekat dengan karakter Nikhil yang flamboyan dan kerapkali mempertanyakan apa yang sebetulnya dituju termasuk kala berkecimpung di dunia film. Anu Menon sukses menyajikan komedi romantik yang berani tampil beda meski tanpa dukungan studio besar atau cast terkenal sekalipun. Feel the different chemistry between Ali and Aditi from time to time and you’ll cheer for ‘em to get along in the end!

Durasi:
100 menit

Overall:
7.5 out of 10

Movie-meter:


Notes:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent