Sunday 4 March 2012

LEGENDS OF VALHALLA : THOR Surprisingly Good Non Hollywood Substances


Quotes:
Thor: Mom, I don’t want to be a blacksmith, I wanna be a warrior.

Nice-to-know:
Film berjudul asli Thor med hammeren ini sudah rilis 14 Oktober 2011 lalu di Iceland sana.

Cast:
Justin Gregg sebagai Thor
Paul Tylak sebagai Crusher
Nicola Coughlan sebagai Edda
Liz Lloyd sebagai Hel
Alan Stanford sebagai Odinn
Emmett Scanlan sebagai Sindri

Director:
Óskar Jónasson sebelumnya menangani Reykjavik-Rotterdam (2008). Kali ini ia dibantu juga oleh Toby Genkel dan Gunnar Karlsson yang bertindak sebagai asisten sutradara.

W for Words:
Putra Odin yang bernama Thor diyakini sebagai salah satu sosok dewa mitologi Jerman penguasa kilat, petir dan badai yang dihasilkan oleh godam ajaibnya. Kali ini Friðrik Erlingsson bersama dengan Mick Casale, Mark Hodkinson, Toby Genkel dan sang sutradara sendiri Óskar Jónasson menggagas sebuah cerita fiksi yang pada akhirnya dikonversi menjadi animasi, tentunya sudah disesuaikan dengan perkembangan jaman masa kini.
Thor hidup sederhana bersama ibunya sebagai pandai besi. Diam-diam Thor menyimpan impian lain yaitu menjadi pendekar yang dapat diandalkan untuk melawan kaum raksasa yang seringkali menyambangi desa bangsanya dengan semena-mena. Ayah Thor, Odinn yang hidup mewah di langit tanpa sengaja membuang godam ajaib Crusher hasil temuan Sindri ke bumi. Kini Thor pun berkesempatan memenuhi takdirnya sekaligus menyelamatkan gadis yang disukainya, Edda dari tangan ratu penguasa dunia bawah Hel.

Kreatifitas desain produksi dalam mewujudkan tiga lapisan dunia patut diacungi jempol karena menghasilkan nuansa yang berbeda-beda. Scoring music karya Stephen McKeon juga fantastis untuk mempertahankan mood anda dalam mengikuti setiap sajian sutradara Jonasson. Penggunaan efek 3D nya memang belum luar biasa tetapi cukup efisien menangkap sapu, bebatuan dan obyek-obyek lain yang seakan berlontaran ke hadapan anda.
Sedikit spoiler di bagian ini, tiga hal baru yang paling menarik bagi saya adalah cara pengiriman persembahan dari dunia manusia ke Raja Odinn, jembatan pelangi menuju istana langit yang dihasilkan dari tiupan tuba dan tentu saja tindak tanduk si crusher yang bisa berbicara dengan sepasang mata berbinarnya itu. Selebihnya adalah elemen-elemen dasar yang biasa anda temui dalam animasi Hollywood tapi sudah mengalami retouch sedemikian rupa sehingga hasilnya fresh.

Di luar dugaan, Legends of Valhalla: Thor adalah proyek animasi yang penuh potensi untuk meraih perhatian komunitas film di seluruh dunia dengan gaya penyutradaraan yang tidak biasa. Semua witty jokes disini mengalir lugas dan bersahabat dengan anak-anak atau orang dewasa sekalipun. Pendekatan memikat terhadap mitos Nordik era baru dimana Thor muda yang kelewat percaya diri pada akhirnya bisa menemukan jalan hidupnya berbekal keberanian dan ketekunan. Hope we’ll see many more great movies from CAOZ in the future!

Durasi:
86 menit

Overall:
8 out of 10

Movie-meter:


Notes:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent