Wednesday 19 January 2011

Ist Indonesian Movie Bloggers Choice Awards 2011

Perkembangan film nasional tidak hanya terjadi pada industri film itu sendiri, tapi juga pada pecinta film di seluruh Indonesia. Melalui media blog, berbagai tulisan tentang film dan pengalaman menonton semakin mewarnai dunia maya. Dengan pengetahuan tentang film yang bervariasi, tulisan yang dibuat oleh movie bloggers adalah titik demi titik dari proses pembelajaran dirinya untuk semakin memahami film.

Sebuah blog bernama Gila Sinema, yang kini sudah ditutup, sempat mencatat sekitar 40 blog film yang berhasil Ia temukan. Blog lain, Labirin Film, meneruskan pencatatan ini dan berhasil menemukan 80 blog yang membahas film hingga 2011. Banyak di antaranya adalah blog yang khusus membicarakan film saja dan ada juga yang membahas topik lain. Untuk menyatukan movie blggers dan terus membudidayakan diskusi film melalui internet, dibentuklah Indonesian Movie Bloggers Community (IMBlog Community). Sampai sekarang, sudah ada 44 movie bloggers yang bergabung di dalamnya.

Kegiatan utama dan pertama dari IMBlog Community adalah 1st Indonesian Movie Bloggers Choice Awards (IMBlog Choice Awards) 2011 yang diselenggarakan sepenuhnya secara online. Ajang penghargaan ini akan dibagi menjadi 2, yaitu : IMBlog Choice Awards untuk Film Berbahasa Asing dan IMBlog Choice Awards untuk Film Indonesia. Masing-masing penghargaan memiliki deretan kategori yang terdiri atas kategori utama dan kategori unik. Pemenang hasil pilihan seluruh anggota IMBlog Community akan disebut Jawara dan pemenang hasil pilihan masyarakat luas melalui voting di FLICK Magazine akan disebut Tersohor.

Ada 20 kategori dalam IMBlog Choice Awards untuk Film Berbahasa Asing dan 17 kategori dalam IMBlog Choice Awards untuk Film Indonesia. Voting Jawara dari setiap kategori berlangsung dari tanggal 14 Januari 2011 hingga 30 Januari 2011. Sedangkan voting Tersohor berlangsung dari tanggal 20 Januari 2011 hingga 15 Februari 2011. Pengumuman Jawara dan Tersohor akan diumumkan pada tanggal 20 Februari 2011.

Kami mengharapkan variasi genre, aliran, dan kualitas film-film yang menjadi nominasi IMBlog Choice Awards 2011 bisa menjadi wadah apresiasi untuk filmmaker dibalik film-film tersebut dan juga mengingatkan akan sangat dibutuhkannya kehadiran film-film dengan jangkauan genre dan aliran yang lebih luas dan tentu berkualitas.

Happy voting, Indonesia!

Facebook : Indonesian Movie Bloggers Community

Twitter : @IMBlogCommunity

Untuk vote film berbahasa asing langsung klik disini:
Nominasi dan Voting IMBlog Choice Awards 2011 untuk Film Berbahasa Asing

Untuk vote film Indonesia langsung klik disini:
Nominasi dan Voting IMBlog Choice Awards 2011 untuk Film Indonesia

Partisipasi anda sangat diharapkan untuk mensukseskan ajang 1st Indonesian Movie Bloggers Choice Awards (IMBlog Choice Awards) 2011 ini di negeri sendiri.

Terus terang, saya bangga bisa menjadi salah satu bagian dari komunitas IMBlog ini yang berisikan orang-orang kreatif yang mau bersusah payah dalam kesehariannya menulis informasi film dalam bentuk apapun yang sangat informatif bagi masyarakat pecinta film secara khususnya.

Bagi anda yang menerima link dari blog Databasefilm ini setelah melakukan voting jangan lupa tinggalkan komentar berikut nama dan alamat email pada kolom yang sudah disediakan sebab ada beberapa tiket nonton gratis yang akan diundi untuk anda menangkan.